Jombang (Antaranews Jatim) - Sekretaris Yayasan Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang Ali Sukamtono mengungkapkan kebakaran pertama kali terjadi di kantor Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) pada Senin petang.

"Belum ada satu jam api merembet ke seluruh ruangan gedung lantai tiga. Di situ ada ruangan rektor serta sekretariat," katanya kepada wartawan di Jombang, Senin malam.

Terkait indikasi penyebab kebakaran karena disengaja, Ali belum berani menyimpulkannya. "Nanti polisi yang akan menyelidikinya.Satpamnya juga sudah dimintai keterangan polisi," tegasnya.

Ali mengaku belum menerima laporan rinci tentang penyebab terjadinya kebakaran, termasuk ada atau tidaknya aktivitas saat peristiwa terjadi. "Untuk kerugian masih belum bisa kita taksir berapa jumlahnya," kata Ali.

Informasi yang dihimpun, kronologi kebakaran ini sekira jam 17.55 wib setelah mahasiswa usai melaksanakan kegiatan pertemuan BEM di Gedung A kampus Universitas Darul Ulum yang terletak di sebelah utara tempat kejadian perkara.

Selanjutnya, salah seorang mahasiswa Fisipol, Ilham Teguh, turun hendak mencari makan, kemudian melihat api sudah menyala di lokasi lantai dua.

Api kemudian api merembet ke lantai tiga, selanjutnya Ilham melaporkan kejadian tersebut ke petugas keamanan bernama Agus dan Rokim.

Mereka lantas bersama menuju titik api dan mematikan panel listrik di luar gedung, kemudian saksi menghubungi BPBD dan PMK Jombang.

Sekitar 15 menit berselang, dua unit mobil PMK Kabupaten Jombang datang ke lokasi untuk melakukan upaya pemadaman, dibantu mobil water canon dari Polres Jombang. (*)

Baca juga: Gedung Universitas Darul Ulum Jombang Terbakar
Baca juga: Lima Unit PMK Dikerahkan Padamkan Kebakaran Undar Jombang

Pewarta: Syaiful Arif

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018