Surabaya (Antaranews Jatim) - Bank Mandiri turut berpartisipasi menyediakan kartu "E-Money" dalam pelayanan pembayaran nontunai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya.

Senior Vice President Region VIII/ Jawa 3 Bank Mandiri Erwan Djoko Dermawan kepada wartawan di Surabaya, Sabtu, memastikan tadi pagi telah menandatangani nota kesepahaman atau "Memorandum of Understanding" dengan Kepala Polrestabes Surabaya Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Rudi Setiawan untuk pelayanan berjuluk "Evolution Cashless Payment" (ECP) tersebut.

"Bank Mandiri menjadi salah satu mitra `payment gateway` untuk pelayanan pembayaran PNBP pengurusan SIM dan SKCK di Polrestabes Surabaya melalui pembayaran nontunai menggunakan kartu e-money," ujarnya.

Dia meyakini keberadaan e-money sudah dikenal oleh masyarakat luas sehingga dapat membantu transaksi pembayaran nontunai PNBP di Polrestabes Surabaya.

"Kartu e-money memberi kemudahan dalam melakukan cek saldo dan isi ulang atau `top-up` yang hanya menggunakan `smartphone` atau telepon seluler pintar dan diharapkan dapat meningkatkan transaksi pembayaran PNBP SIM dan SKCK secara `cashless` di Polrestabes Surabaya," katanya.

Erwan menandaskan, cara mengisi dan melihat saldo e-money juga sangat mudah, yaitu tinggal membuka aplikasi e-money di telepon seluler. "Setelah itu tinggal menempelkan kartu e-money di belakang telepon seluler maka akan langsung muncul jumlah saldonya," ucapnya.

Kepala Polrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan mengatakan program ECP pembayaran nontunai PNBP untuk pengurusan SIM dan SKCK di wilayah kerjanya mulai efektif diberlakukan per 1 Desember, yang tadi pagi peluncurannya diresmikan oleh Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Luki Hermawan.

"Program ECP diluncurkan untuk memberi kemudahan pelayanan kepada masyarakat di tengah perkembangan teknologi era global yang saat ini menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu membawa uang tunai saat mengurus SIM dan SKCK di Polrestabes Surabaya. Bayarnya hanya tinggal klik," katanya.

Dia mengungkapkan, selain Bank Mandiri, untuk mempermudah pelayanan ECP di Polrestabes Surabaya, pihaknya juga menggandeng BNI, BRI, Telkomsel, Gopay dan OVO. (*)

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018