Surabaya (Antaranews Jatim) - Bupati Lamongan Fadeli mendatangi Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jawa Timur di Surabaya, Rabu, untuk menjenguk Bripka AA, anggota Polisi Satuan Lalu Lintas yang menjadi korban penyerangan dua orang di pos polisi kawasan Wisata Bahari Lamongan.

"Saya prihatin akan musibah ini. Saya terima kasih aparat kepolisian telah bekerja keras sehingga dengan cepat menangkap dua orang pelaku teror yang ingin membunuh petugas," kata Fadeli.

Menurut Fadeli, aksi Bripka AA yang berani melawan dua orang peneror itu harus diteladani. Bagaimana meski mendapat luka di bagian mata karena ditembak menggunakan ketapel, dia tetap mengejar hingga menabrak kendaraan.

"Saya sampaikan terima kasih, hormat kepada beliau (Bripka AA). Kita berpikir seandainya dia menyerah, bagaimana kondisi Lamongan, pasti akan kehilangan jejak," ujarnya.

Atas keberanian Bripka AA, sambung Fadeli, Kapolres Lamongan telah menyampaikan kepada Kapolda Jatim untuk memberikan penghargaan berupa kenaikan pangkat.

Baca juga: Densus 88 Dalami Peristiwa Penyerangan Polisi di Lamongan

Sementara mengenai antisipasi agar kejadian tersebut tak terulang, Fadeli telah meminta aparat kepolisian dan TNI untuk meningkatkan kewaspadaan.

Selain itu, dia mengajak peran serta tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk menjaga keamanan dan memberantas tindakan radikal.

"Kapolres dan Dandim punya data, ternyata dia ini (peneror, red) bukan orang lamongan dan kelahiran lamongan juga tidak menikah dengan orang Lamongan," katanya.

Dijelaskannya, salah satu pelaku, ER berprofesi sebagai pemanggul ikan di tempat pelelangan ikan (TPI) di Paciran, Lamongan dan tidak ada kecurigaan dari warga sekitar.

Pada Selasa dini hari kaca Pos Polisi Wisata Bahari Lamongan (WBL) Paciran, Lamongan dirusak dan dilempari batu oleh dua orang.

Mengetahui hal itu, Bripka AA mengejar pelaku ke arah barat. Sampai di Pasar Blimbing Paciran, pelaku ER menghadang Bripka AA. ER menembakkan kelereng dengan ketapel dan mengenai mata kanan Bripka AA.

Meski terluka, Bripka AA terus mengejar dan menabrakkan sepeda motornya ke motor pelaku sehingga terjatuh hingga pelaku akhirnya diamankan di Polsek Brondong, Polres Lamongan. (*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018