Situbondo (Antaranews Jatim) - Bupati Situbondo Dadang Wigiarto mengemukakan bahwa pengusaha transportasi di wilayahnya mendukung dan siap menyukseskan tahun kunjungan wisata 2019 yang dicanangkan pemkab.

"Kami sudah bertemu dengan pengusaha transportasi yang ada di Kabupaten Situbondo dan mereka menyatakan komitmennya untuk ikut menyukseskan tahun kunjungan wisata," katanya kepada wartawan di Situbondo, Jawa Timur, Kamis.

Ia mengatakan, keberadaan angkutan yang memadai menjadi bagian penting dalam pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung ke sejumlah objek wisata, serta dapat memudahkan pengunjung melakukan perjalanan dari objek wisata ke tempat wisata lainnya.

Kendati beberapa waktu lalu pemilik atau pengusaha angkutan lokal sudah bertemu dan mereka menyatakan komitmennya mendukung tahun kunjungan wisata, akan tetapi hal itu tidak hanya sebatas komitmen, melainkan harus mempersiapkan sejak awal dan membutuhkan uji coba.

"Persiapan tahun kunjungan wisata akan di evaluasi awal Desember 2018 dan akan dilakukan uji coba secara manajerial agar pelayanan wisata di Situbondo menarik pengunjung, selain itu juga kami masih akan melakukan uji coba sentra wisata kuliner," katanya.

Menurut Bupati Dadang, saat ini pemandu wisata yang sudah mendapatkan pelatihan sebelumnya telah mengikuti uji coba di sejumlah agen travel di luar kota.

"Dengan demikian, mereka yang sudah mendapatkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi langsung praktek menjadi guide atau pemandu wisata?l professional," ujarnya.

Ia menambahkan, semua yang terlibat dalam aktivitas pariwisata akan disatukan dalam satu naungan manajemen, sehingga fungsi manajerial kepariwisataan akan optimal untuk melayani wisatawan. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018