Surabaya (Antaranews Jatim) - Sebanyak 117 bangunan cagar budaya di Kota Surabaya, Jatim dicat kembali oleh salah perusahaan cat dan pelabis global AkzoNobel sebagai upaya melestarikan "urban tourism" atau wisata perkotaan khususnya kawasan kota lama.
     
Direktur, PT ICI Paints Indonesia  Irawan Bahtera, di Surabaya, Minggu, mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memberikan warna pada kehidupan masyarakat dengan membantu memperindah lingkungan tempat tinggal warga di kawasan kota lama melalui cat dan pelapis. 
     
"Dalam program Let’s Colour Indonesia kami, salah satu upaya yang kami lakukan adalah memelihara bangunan lama dan baru," katanya.
     
Menurut dia, menghilangnya suatu warisan kota dapat menghilangkan identitas dari masyarakat setempat. Namun, lanjut dia, dengan melestarikan warisan kota, dapat menjadikan masa lalu sebagai bagian dari masa depan.
     
"Kami percaya bahwa cagar budaya berperan dalam hubungan emosional dan ketahanan (resiliensi) manusia," ujarnya.
     
Ia mengatakan di masa lalu, kawasan Kota Lama Surabaya berfungsi sebagai pusat ekonomi dan pemerintahan. Di kawasan ini, terdapat banyak bangunan tua dan cagar budaya dengan nilai seni dan sejarah dalam pengembangan kota Surabaya.
     
"Inilah mengapa kami melihat pentingnya upaya melestarikan warisan budaya sebagai bagian utama dari bangunan yang resilience," katanya.
     
Menurutnya kawasan tersebut juga dapat menjadi pusat pariwisata yang baik serta pusat daya tarik bagi wisatawan lokal maupun internasional dengan tetap membawa semangat kota Surabaya lama di tengah-tengah kota modern.
     
"Kami sangat senang dapat berkolaborasi kembali dengan Pemerintah Surabaya, bersama-sama dengan para pelaku industri," katanya.
     
Adapun 117 bangunan cagar budaya yang akan dicat berlokasi di Jalan Veteran, Karet, Kali Malang, Surabaya. "Kami berharap upaya itu dapat membantu melestarikan nilai sejarah kota, mengakomodasi pengembangan wisata perkotaan, dan kemungkinan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan," katanya.
     
Selama bertahun-tahun, lanjut dia, program "Let's Colour Indonesia" secara konsisten terlibat dan mendukung berbagai pemangku kepentingan yang bertujuan untuk meningkatkan serta memperkaya kehidupan masyarakat dengan membantu memperindah tempat tinggal mereka melalui proyek dengan komunitas. 
     
Untuk Surabaya, kata dia, pihaknya telah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya dalam beberapa proyek seperti pengecatan kembali Balai Pemuda Surabaya, memperindah kawasan Kenjeran sebagai tempat wisata yang menarik melalui lukisan mural yang berwarna-warni, serta pengecatan area Tugu Pahlawan. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018