Surabaya (Antaranews Jatim) -  Para pegawai muda BUMN Pelindo III melakukan pengajaran dunia kemaritiman ke siswa SD Negeri Kawasan Perak Barat, Surabaya, sebagai bagian aksi sosial dalam program BUMN Mengajar, "Millennials Go To School" yang digagas Kementerian BUMN.

"Pelindo III sebagai BUMN maritim mengambil kesempatan ini untuk tidak hanya mengenalkan tentang kinerja BUMN, tetapi sekaligus mengajak adik-adik lebih mengenal potensi maritim Indonesia," kata Corporate Secretary Pelindo III Faruq Hidayat, di Surabaya, Jumat.

Ia mengatakan, pegawai milenial Pelindo III itu dalam pengajarannya juga membawa banyak foto-foto tentang berbagai hal yang bisa dilihat di pelabuhan dam menjelaskan fungsinya.

"Mereka membawa foto aneka jenis kapal, crane, hingga profesi-profesi yang bisa digeluti di bidang maritim ketika mereka besar nanti," kata Faruq.

Ia mengatakan, aksi sosial ini juga memberi kepercayaan pagawai muda untuk dapat berkarya dengan cara yang berbeda dan kreatif.

"Para milenial ini merasa bahwa berkontribusi dengan caranya sendiri merupakan suatu hak. Sedangkan adik-adik SD yang termasuk Generasi Z ini dapat merasakan iklim belajar yang kolaboratif. Mereka sejak dini juga dimotivasi untuk berkarya demi negara," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo III Toto Nugroho yang hadir bersama para milenial Pelindo III mengatakan program ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi karyawan millennials dan setiap BUMN agar bisa menjadi aktor utama perubahan positif baik bagi perusahaan maupun bagi Indonesia. 

"Hal ini juga senada dengan arahan Menteri BUMN, sebagai salah satu instrumen penting pendorong perekonomian bangsa, BUMN harus bisa eksis dan terus ada hingga 100 tahun mendatang," ujarnya.

Ia mengatakan, program ini berguna untuk terus membina karyawan muda agar bisa menjadi pegawai yang berkualitas, sehingga bisa membawa BUMN terus eksis di masa depan serta menghadapi perubahan di era global.

Sementara itu, Kepala SD Negeri Kawasan Perak Barat, Sholikin mengaku mengpresiasi kegiatan BUMN Mengajar yang dilakukan Pelindo III, sebab sudah ditunggu-tunggu oleh komunitas sekolah.

"Kegiatan juga supaya generasi muda tidak hanya bekerja, tapi ada unsur sosialisasi ke anak-anak. Bagaimana caranya untuk meraih keberhasilan itu dibagikan. Harapan saya, anak-anak didik kami kelak juga bisa kerja dengan cerdas dan tangkas, serta efisien seperti pekerja BUMN di sektor pelabuhan misalnya," katanya.(*)
 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018