Jakarta, (Antara) - Smesco Indonesia berencana menggelar pameran khusus untuk produk UKM unggulan dari daerah Madura, Jatim, melalui ajang bertajuk "Smesco Madura Festival 2018".

Direktur Utama Smesco Indonesia Emilia Suhaimi di Jakarta, Kamis, mengatakan untuk kelima kalinya Smesco Indonesia menggelar "event" pameran daerah dimana kali ini mengangkat produk UKM unggulan Madura yang akan berlangsung di Gedung Smesco Indonesia, Kawasan Pancoran, Jakarta Selatan pada November 2018.

"Kegiatan ini merupakan ekspose semua promosi potensi daerah Madura meliputi produk unggulan UKM, pariwisata, budaya dan kuliner khas," ucapnya.

Ia mengatakan tujuan diadakan pameran ini yakni untuk memberi ruang bagi daerah untuk menampilkan produk unggulan, citra identitas daerah, "local heritage" dan produk unik, yang menjadi referensi terbaik untuk mendapatkan produk unggulan buatan KUMKM Indonesia.

"Smesco Madura Festival 2018 sekaligus akan memperkuat posisi dan eksistensi UKM sebagai penopang utama perekonomian dan pembangunan di Indonesia khususnya Madura," ujar Emilia.

Beragam produk UKM akan dipamerkan di Smesco Madura Festival 2018 di antaranya produk fesyen, pakaian dan kain batik Madura yang selama ini sangat populer, kerajinan, suvenir Madura, jamu tradisional Madura, furnitur ukiran Madura, dan lukisan Madura.

Sedangkan untuk kuliner disajikan mulai dari soto Madura, sate lalat Madura, campur lorjuk, rujak tajin, rujak Madura, kopi mangrove, serta aneka petis Madura.

Emilia berharap dengan diadakannya pameran ini produk UKM khususnya dari Madura dapat bersaing di pasar domestik dan global, serta dapat memposisikan diri pada segmen pasarnya masing-masing.

"Masyarakat Madura di Jakarta silakan datang, bisa kangen-kangen menikmati kuliner khas Madura yang sekarang susah dicari misalnya rujak tajin." ucap Emilia.

Smesco dalam waktu dekat juga akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan "Jatim Expo 2018". Event ini akan menampilkan beragam kuliner khas Jawa Timur mulai dari peragaan busana dan hiburan, termasuk demo membatik, serta demo kerajinan tangan dan daur ulang.

Produk yang dijual mulai dari batik, aksesoris, busana, makanan dan minuman, tas, sepatu kulit dan nonkulit, bordir, kerajinan tangan, dekorasi rumah maupun aneka produk menarik lainnya.

Digelarnya berbagai event pameran ini tidak terlepas dari peran Smesco sebagai miniatur bagi produk-produk unggulan hasil KUKM seluruh Indonesia dalam wadah Paviliun Provinsi yang menjadi tumpuan bagi KUKM seluruh Indonesia dalam mempromosikan dan memasarkan produk unggulannya.

"Peran Smesco sebagai wadah promosi dan pemasaran produk memang sangat dibutuhkan seluruh UKM di Indonesia. Oleh karena itu, terbuka bagi semua pihak untuk bekerja sama dengan kami dalam menggelar pameran-pameran semacam ini," papar Emilia.(*)

Pewarta: Hanni Sofia

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018