Situbondo (Antaranews Jatim) - Dinas Sosial Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mulai menyalurkan kartu keluarga sejahtera (KKS) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) program Kementerian Sosial kepada keluarga penerima manfaat atau KPM.

"Bantuan Pangan Non Tunai ini merupakan program peralihan dari bantuan beras sejahtera (rastra)," ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Situbondo, Lutfi Joko Prihatin di Situbondo, Kamis.

Ia menjelaskan, penyaluran BPNT untuk hari pertama dilaksanakan di Kecamatan Kota Situbondo, dengan jumlah keluarga penerima manfaat sebanyak sekitar 1.700 orang penerima.

Keluarga penerima manfaat BPNT yang sebelumnya sebagai penerima bantuan rastra ini, katanya, hadir ke kecamatan untuk diverifikasi sebagai penerima dan selanjutnya petugas memberikan kartu keluarga sejahtera berbentuk ATM beserta buku tabungan perbankan yang ditunjuk.

"Jika sebelumnya KPM menerima beras sejahtera, namun saat ini diubah menjadi bantuan nontunai yang setiap bulannya KKS (kartu ATM) penerima akan terisi uang Rp110.000 setiap bulannya," paparnya.

Menurut Lutfi, kartu keluarga sejahtera yang diterima KPM akan terisi uang dan dapat dipergunakan kartu tersebut setiap tanggal 25 hingga akhir bulan, dengan belanja atau membeli beras dan telur di e-Warong yang sudah bekerja sama.

"Jadi, keluarga penerima manfaat BPNT hanya bisa mempergunakan KKS (kartu ATM) dengan belanja beras dan telur dan tidak bisa dicairkan dalam bentuk uang," ucapnya.

Sementara Firman Arif W, Koordinator Lapangan Penyaluran KKS BNI Cabang Situbondo mengatakan pihak perbankan hanya bertugas dalam hal penyediaan dan penyaluran KKS yang disertai buku tabungan.

"KKS dan tabungan yang diterima KPM BPNT juga bisa menjadi tabungan bagi penerima jika ingin menabung. KKS BPNT ini hanya bisa digunakan di mesin ATM untuk melihat sisa saldo," katanya.

Data diperoleh, KKS Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT di Kabupaten Situbondo mulai disalurkan per hari ini dan selanjutnya akan disalurkan kepada KPM di setiap kecamatan yang tersebar di 17 kecamatan.

Sedangkan jumlah keluarga penerima manfaat BPNT yang sudah terdata di Kabupaten Situbondo sebanyak 70.657 orang penerima. (*)

Video Oleh Novi Husdinariyanto
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018