Bojonegoro (Antaranews Jatim) - Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Agro Jaya Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur, berencana menggelar Festival Belimbing pada 11 November mendatang untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

Ketua Pokdarwis Agro Jaya Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Priyo Sulistyo di Bojonegoro, Sabtu, menjelaskan, kegiatan Festival Belimbing sudah dibahas bersama para petani yang masuk kawasan objek wisata kebun belimbing.

Sesuai rencana, para petani kebun belimbing yang jumlahnya 104 orang sudah sepakat untuk patungan minimal mengumpulkan 10 kilogram belimbing per petani. Belimbing yang terkumpul akan dimanfaatkan untuk membuat gunungan yang diperkirakan tingginya sekitar 5 meter.

"Pengalaman Festival Belimbing tahun lalu, ada petani yang membantu 30 kilogram, bahkan ada juga yang membantu hingga 50 kilogram belimbing untuk membuat gunungan," ucapnya.

Menurut dia, Festival Belimbing yang kelima kalinya ini akan digelar di pintu masuk, setelah tahun-tahun sebelumnya di halaman belakang objek wisata kebun belimbing.

Gunungan buah belimbing yang dibuat bisa diambil secara gratis oleh pengunjung. Dalam Festival Belimbing juga akan digelar kegiatan jalan sehat, kontes belimbing dan kebersihan kebun belimbing.

"Dalam Festival Belimbing tahun lalu untuk pemenangnya adalah belimbing yang beratnya sekitar mencapai 8 ons," ucapnya.

Ia menambahkan, Festival Belimbing sebagai usaha meningkatkan jumlah pengunjung objek wisata buatan terbaik yang ditetapkan Pemprov Jawa Timur pada 2015.  

"Kami optimistis jumlah pengunjung tahun ini bisa lebih dari 150 ribu orang, melampaui tahun lalu dengan jumlah 145.712 pengunjung," ucapnya.

Pengunjung objek wisata kebun belimbing tidak hanya dari berbagai daerah di Jawa Timur, tapi juga Jawa Tengah dan Jawa Barat, bahkan dari luar Jawa.

"Sebagian besar pengunjungnya wisatawan domestik. Ada juga wisatawan mancanegara, tapi tidak banyak," ucapnya.

Sesuai data di Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, tercatat luas kebun belimbing mencapai 20,4 hektare dengan jumlah 9.000 pohon, dan di Desa Mojo seluas 15 hektare dengan jumlah sekitar 7.000 pohon.

"Selama ini pemasaran belimbing dari Desa Mojo juga di Ngringinrejo," ucapnya. (*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018