Sidoarjo (Antaranews Jatim) - Kepolisian Resor Kota Sidoarjo, Jawa Timur, menyiagakan sekitar 1.800 orang anggota untuk menjaga kegiatan istighasah akbar yang akan dilaksanakan di Stadion Delta Sidoarjo pada Minggu (28/10).

Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Komisaris Besar Polisi Himawan Bayu Aji di Sidoarjo, Kamis, mengatakan, anggota yang disiagakan itu campuran beberapa kesatuan, termasuk juga jajaran samping, seperti Polres Tanjung Perak, Polres Mojokerto, Polres Gresik, dan Polda Jatim.

"Kami juga dibantu oleh relawan untuk pengamanan kegiatan ini, salah satunya dari Banser dan juga Satpol PP," katanya.

Ia menjelaskan, kepolisian saat ini terus melakukan koordinasi lintas sektoral terkait keamanan menjelang pelaksanaan istighasah akbar di GOR Sidoarjo.

"Komunikasi intensif terus kami lakukan, termasuk juga apakah nanti Presiden Jokowi datang atau tidak. Jadi, baik dengan asumsi hadir maupun tidak hadir kami sudah siap," katanya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Sidoarjo Kompol Dhyno Indra Setyadi mengatakan, jajarannya sudah menyiapkan anggota untuk melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Stadion Delta Sidoarjo terkait dengan kegiatan tersebut.

"Pada hari H semua jalan yang ada di sekitar GOR akan dilakukan penutupan," katanya.

Untuk kendaraan dari pintu keluar tol Sidoarjo diarahkan melewati tol exit Porong, sementara kendaraan dari arah Porong diarahkan dari traffic light Candi, belok kanan ke Jalan Lingkar Timur.

"Dan arah sebaliknya yang dari Surabaya diarahkan dari traffic light Buduran, belok kiri ke Jalan Lingkar Timur. Selain itu, kami menyiapkan delapan kantong parkir yang dibagi empat titik di wilayah selatan dan empat titik di utara," ujarnya.

Ketua GP Ansor Sidoarjo Reza Ali mengatakan, institusinya siap membantu suksesnya kegiatan ini, termasuk juga menyiapkan anggota Banser yang akan berjaga di beberapa titik pengamanan.

"Termasuk juga ada Banser perempuan yang nanti akan ikut membantu dalam pengamanan tersebut," katanya.  (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018