Malang (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kota Malang tengah menyiapkan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2019-2023, yang merupakan penjabaran dari visi dan misi program kepala daerah terpilih.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko mengatakan bahwa rancangan awal tersebut membutuhkan berbagai masukan dari para pemabgku kepentingan, namun tetap berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Daerah, rencana tata ruang wilayah, dan memperhatikan RPJM Nasional.

"Diharapkan ada masukan yang bersifat membangun, baik dari perangkat daerah maupun para pemangku kepentingan," kata Sofyan, dalam sambutannya pada Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Kota Malang Tahun 2019-2023, di Kota Malang, Selasa.

Sofyan Edi menambahkan, rancangan tersebut akan mencakup pemyempurnaan rancangan teknokratik RPJMD, penjabaran visi dan misi kepala daerah, perumusan tujuan dan sasaran, perumusan strategi dan arah kebijakan.

Kemudian, perumusan program pembangunan daerah, perumusan program perangkat daerah dan kajian lingkungan hidup strategis.

"Rancangan awal menjadi dasar perangkat daerah untuk menyempurnakan RPJMD. Prioritas pembangunan daerah menjadi fokus penyelenggaraan pemerintah daerah yang dilaksanakan secara bertahap untuk mencapai sasaran RPJMD," ujar Soyan Edi.

Isu-isu strategis yang menjadi perhatian Pemerintah Kota Malang antara lain adalah, peningkatan pemerataan kualitas pendidikan, dan kesehatan serta layanan dasar lainnya, dan peningkatan produktivitas dan daya saing daerah dengan dukungan infrastruktur yang berkelanjutan.

Selain itu, mewujudkan kehidupan masyarakat yang harmonis dan toleran, serta optimalisasi pelaksanaan reformasi birokrasi untuk mendukung tata kelola pemerintahan yang baik.

Visi yang digagas oleh pasangan Wali Kota Sutiaji dan Wakil Wali Kota Sofyan Edi adalah Kota Malang Bermartabat. Untuk mencapai visi tersebut, dijabarkan dalam misi yang diemban oleh keduanya, untuk pembenahan Kota Malang supaya menjadi lebih baik.

Empat misi yang menjadi pedoman Sutiaji dan Sofyan Edi dalam membangun Kota Malang Bermartabat adalah, menjamin akses dan kualitas pendidikan, dan layanan dasar lainnya bagi semua warga. Kedua, mewujudkan kota produktif dan berdaya saing berbasis ekonomi kreatif, keberlanjutan, dan keterpaduan.

Kemudian, mewujudkan kota yang rukun dan toleran berazaskan keberagaman dan keberpihakan terhadap masyarakat rentan, dan gender. Terakhir, memastikan kepuasan masyarakat atas layanan pemerintah yang tertib hukum, profesional, dan akuntabel.

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang Sutiaji dan Sofyan Edi Jarwoko diambil sumpah dan dilantik secara resmi oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Gedung Negara Grahadi pada hari September 2018.(*)

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018