Surabaya, (Antaranews Jatim) -  Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) yang juga merupakan salah satu BUMN, menggandeng pengusaha kawasan perikanan Muara Baru menyalurkan bantuan kepada korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.
       
Sekretaris Perum Perindo, Agung Pamujo dalam keterangan pers yang diterima di Surabaya, Selasa, mengatakan jumlah bantuan yang diberikan mencapai Rp100,07 juta, yang terdiri dari sumbangan karyawan Perum Perindo, karyawan cabang dan unit sebesar Rp38,77 juta dan dana Bina Lingkungan Perum Perindo Rp20 juta. 
       
"Ada juga dana kolaborasi Perum Perindo dan pengusaha Muara Baru sebesar Rp41,30 juta," katanya.
       
Ia mengatakan, dana bantuan dari karyawan Perum Perindo sebelumnya juga disalurkan melalui Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (Iskindo) dan Posko BUMN di Palu.
       
"Kami juga akan menugaskan perwakilan perusahaan untuk bertolak ke Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (12/10)," katanya.
       
Sementara itu, bantuan yang terkumpul dari hasil kolaborasi Perum Perindo dengan pengusaha kawasan Muara Baru dikirim melalui Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dari Komando Armada 1.
       
"Bantuan yang melalui kapal meliputi mie instan 560 kardus, beras 1,3 ton dan selimut 150 lembar. Seluruh bantuan akan dititikpusatkan di beberapa wilayah di Kota Palu dan Donggala," katanya.
       
Seperti diketahui, Palu telah diguncang gempa 7,4 SR dan dihantam tsunami dengan ketinggian 3 meter. Hingga 8 Oktober 2018, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat jumlah korban bencana Palu dan Donggala menembus 1.944 orang.*

 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018