Surabaya (Antaranews Jatim) - Statistics Assistance Center (SAC) Fakultas Psikologi Universitas Surabaya mengirimkan relawan guna membantu penanganan psikologis anak-anak korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Tim relawan yang terdiri dari satu dosen Fakultas Psikologi yaitu Listyo Yuwanto dan dua mahasiswa angkatan 2015, Cindy Claudia dan Jauhar Helmi Nursandy, itu, diberangkatkan menuju ke Palu dari kampus setempat, Senin.

"Ini merupakan kali kedua SAC mengunjungi lokasi bencana yang sebelumnya pada tanggal 29 September 2018 dengan memberikan bantuan berupa obat-obatan, terpal dan permainan anak," kata Listyo.

Saat pertama datang ke Palu, pihaknya melakukan psychological first aid tahapan physical health (kesehatan fisik), yaitu memenuhi kebutuhan makanan dan minuman penyintas bencana gempa, serta mengevakuasi beberapa keluarga ke tempat aman keluar dari Palu menuju ke Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kali ini setelah physical health, kami lanjutkan dengan psychological health, yaitu pendampingan psikologis penyintas bencana serta memberikan bantuan terutama terpal dan obat. Kami juga akan melakukan penelitian tentang psikologi bencana," kata dia.

Kedua mahasiswa yang tergabung dalam tim relawan juga telah dipilih berdasarkan pengalaman yang mereka miliki dalam menangani situasi bencana. Cindy dan Jauhar sebelumnya ikut terlibat membantu penanganan badai cempaka di Wonogiri, Jawa Tengah, penanganan kekeringan di Mojokerto, Jawa Timur, dan pembentukan penanganan gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Melalui aksi ini, kami berharap dapat membantu pemerintah dalam penanganan para korban bencana di Palu dan sekitarnya, apalagi di sana juga terdapat banyak alumni dan keluarga mahasiswa Ubaya. Ini juga sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang psikologi bencana dan humanitarian," kata Listyo.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018