Mojokerto (Antaranews Jatim) - Jaringan Kiai Santri Nusantara (JKSN) mendeklarasikan diri mendukung pasangan Jokowi-Maruf Amin pada pemilihan Presiden 2019 yang berlangsung di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu.

Ketua Umum JKSN, Kiai Roziqi, Sabtu mengatakan dalam deklarasi JKSN ini, dihadiri langsung oleh Erick Tohir.

"Ini merupakan kali pertama kampanye setelah Erick Thohir diumumkan menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional Pemenangan Jokowi - Kiai Maruf Amin," katanya di Mojokerto.

Dalam kegiatan itu hadir Gubernur Jawa Timur terpilih, Khofifah Indar Parawansa sekaligus Dewan Pengarah, Ketua Dewan Pembina JKSN kiai Asep Saifuddin Chalim, Ketua Dewan Penasehat, Kiai Asad Ali, Ketua Umum, Kiai Roziqi, dan salah satu pengurus Tim Kampanye Nasional (TKN), Romahurmuzy, termasuk putri KH Wahab Chasbullah (pendiri Nahdlatul Ulama), Bu Nyai Machfudoh Ali Ubaid.

"Kedatangan Erick Thohir ingin menyapa dan melihat langsung JKSN ini dimotori siapa saja, serta gerakannya nanti seperti apa. Karena dilihat dari jakarta, JKSN kok punya jaringan yang bagus, sehingga beliau berkenan hadir kesini," katanya dengan mengklaim deklarasi tersebut dihadiri sekitar 1.500 undangan dari 34 provinsi.

Ia menjelaskan, sesuai dengan rencana awal jika deklarasi JKSN ini bakal digelar di Jakarta. Namun, karena pertimbangan yang lain, maka disepakati digelar di Ponpes Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto.

"Persoalan nanti akan digelar lagi di Jakarta ya gak apa-apa, yang penting di Jatim dulu. Nanti, perwakilan-perwakilan dari seluruh provinsi juga akan mendeklarasikan JKSN di provinsi masing-masing," katanya.

Ia berharap ada sinergitas antara JKSN dengan tim kampanye pusat, daerah, dan lain-lain untuk bersama-sama memenangkan Jokowi dan Maruf Amin pada pemilihan Presiden 2019 nanti.

"Ya mudah-mudahan JKSN ini, ya paling tidak nanti bisa bersinergi," katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Jokowi-Maruf Amin, Erick Thohir menyambut baik deklarasi dukungan Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) terhadap pasangan nomor urut 1 ini.

"Setelah ini akan kami sampaikan ke Pak Jokowi. Karena pada saat ini, beliau sangat perlu sekali dukungan dukungan yang riil dan nyata," katanya.

Menurutnya, tak sedikit informasi menyesatkan yang mengaitkan sosok Jokowi mulai anti Islam, trunan PKI, dan lainnya. Namun, dengan dukungan para kiai dan santri ini secara tidak langsung menjawab kondisi Jokowi sebenarnya.

"Memang beliau adalah pimpinan yang sangat baik, taat beragama, dan yang terpenting, adalah program pembangunan yang beliau lakukan sesuai dengan harapan bangsa," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018