Surabaya (Antaranews Jatim) - Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara melakukan penandatangan kerja sama dengan tiga BUMN sekaligus pada acara "Indonesia Business and Development" (IBD) Expo 2018 yang digelar di Surabaya, Jawa Timur, Rabu.

Direktur Komersil Pengembangan Bisnis dan Teknologi Informasi, Hempi Nartomo Prajudi di Surabaya mengatakan tiga BUMN yang melakukan kerja sama masing-masing PT Superintending Company of Indonesia (Sucofindo), PT PAL Indonesia, serta PT Semen Batu Raja.

"Kerja sama kami dengan PT Sucofindo fokus kepada layanan data dan optimalisasi layanan komunikasi yang dijadikan model informasi," kata Hempi, usai mendampingi Dirut LKBN Antara, Meidyatama Suryodiningrat dalam penandatanganan tersebut.

Selanjutnya, kata dia, kerja sama dengan PT PAL Indonesia akan difokuskan pada layanan komunikasi media terpadu mulai dari teks, foto serta video.

"Untuk awal, kerja sama kami dengan PT PAL Indonesia akan membuat penerbitan foto vokasional kegiatan mereka, ditambah kegiatan welder yang datang dari Indonesia timur," katanya.

Sementara kerja LKBN Antara dengan PT Semen Batu Raja adalah di bidang layanan data informasi keuangan, karena Antara memiliki jaringan ekerja sama dengan Bloomberg yang merupakan salah satu saluran layanan bisnis dunia dan Reuters atau kantor berita dunia yang bermarkas di Inggris.

"Kerja sama dengan tiga instansi ini nilainya cukup besar, sehingga bisa mendorong kemajuan Antara sebagai lembaga kantor berita nasional," katanya.

Ia berharap, kerja sama dengan tiga BUMN ini juga bisa mendorong pertumbuhan biro Antara di sejumlah daerah, sebab beberapa BUMN yang melakukan kerja sama dengan Antara memiliki perwakilan di daerah yang ingin setiap kegiatannya di publikasi.

"Saat ini, kami juga sudah menggandeng lebih dari 30 BUMN sebagai bagian dari penguatan sinergi antarBUMN melalui layanan komunikasi terpadu dan pengembangan bisnis maupun usaha," katanya.

Sementara itu, kegiatan penandatangan kerja sama juga dilakukan bersamaan oleh 22 BUMN melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di acara IBD EXPO 2018 di Surabaya.*

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018