Surabaya (Antaranews Jatim) - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution secara resmi membuka "Indonesia Business and Development " (IBD) 2018 yang digelar di Convention and Exhibition Hall Grand City Surabaya, Rabu.

"Semoga kegiatan ini berjalan sesuai harapan dan semakin membuktikan kualitas Badan Usaha Milik Negara (BUMN)," ujarnya di sela sambutan pembukaan yang dilanjutkan pemukulan gong menandai pembukaan.

Menteri Darmin mengakui saat ini melihat perkembangan dan kiprah BUMN yang semakin bagus sehingga benar-benar akan memegang peran sebagai agen pembangunan di Indonesia.

"Saya juga mendengar bahwa BUMN sekarang yang merugi semakin sedikit sehingga sangat bagus," ucap mantan Gubernur Bank Indonesia tersebut.

Pada pameran serupa yang digelar kali ketiga itu terdapat sekitar 106 BUMN, ditambah beberapa Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta perusahaan swasta nasional maupun internasional.

Pameran yang diinisiasi Kementerian BUMN bersama klaster media BUMN yang tergabung dalam National Publishing and News Corporation (NPNC) tersebut digelar pada 3-6 Oktober 2018.

Pada kesempatan itu, Menteri Darmin berpesan agar BUMN dan badan usaha lainnya turut bersinergi membangun negeri sehingga tidak tercecer dalam persaingan dengan negara lain.

Menurut dia, terdapat dua hal yang harus dilakukan, yaitu ikut merumuskan investasi dan melakukan ekspor serta perbaikan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan vokasi.

"Perjuangan yang dilakukan untuk menghadapi dinamika ekonomi dunia dengan mempersiapkan diri berinvestasi, kemudian mengekspor. Sedangkan, di pendidikan vokasi diharapkan BUMN ikut terlibat dengan pemikiran konseptual di tingkat kementerian," katanya.

Khusus pendidikan vokasi, kata dia, diharapkan mampu mengubah pola pikir yang selama ini terjadi, yakni lulusan SMK lebih produktif dan mengusai di bidangnya karena berorientasi bekerja, bukan justru sebaliknya yaitu lebih banyak menganggur.

Sementara itu, rangkaian kegiatan IBD Expo 2018 meliputi pameran dan konferensi internasional, seminar, bursa kerja, serta kegiatan pendukung lainnya.

Tema kegiatan adalah "BUMN Tak Henti Membangun Negeri” dengan harapan mampu menunjukkan kepada masyarakat mengenai kiprah strategis BUMN yang tak berhenti membangun negeri. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018