Malang (Antaranews Jatim) - Wali Kota Malang Sutiaji melepas Kontingen Kwarcab Pramuka Kota Malang ke Raimuna Daerah Jawa Timur ke-13, dimana kontingen tersebut akan melakukan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

Sutiaji mengatakan, pada Raimuna ke-13 yang akan diselenggarakan di Wonosalam Kabupaten Jombang, Jawa Timur tersebut diharapkan mampu membinda dan mengembangkan persaudaran serta persatuan di kalangan pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

"Nama baik Kota Malang berada di pundak anak-anakku sekalian. Tunjukkan kerja sama, kegigihan, dan tanggung jawab yang sudah menjadi ciri pramuka," kata Sutiaji, di Gazebo Balai Kota Malang, Jawa Timur, Jumat.

Sutiaji menambahkan, Kota Malang dengan salam satu jiwanya, diharapkan bisa ditularkan oleh kontingen yang akan melaksanakan Raimuna pada 30 September hingga 6 Oktober 2018. selain itu, diharapkan mampu menghasilkan kegiatan yang inovatif, kreatif, edukatif, dan produktif bagi para peserta.

Nantinya, lanjut Sutiaji, pembelajaran yang didapat dari Raimuna ke-13 tersebut mampu memberikan kemampuan kepada pramuka khususnya Kota Malang untuk memiliki kemampuan mandiri dalam kehidupan bermasyarakat, dan sekaligus menjadi inspirasi.

Raimuna merupakan kata yang berasal dari bahasa Ambai, daerah Yapen Timur, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Kata Raimuna merupakan gabungan dua kata yakni Rai dan Muna. Kata Rai memiliki arti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama.

Sementara kata Muna berarti daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan. Jika disatukan, kata Raimuna memilki arti sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai dan memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan.

"Pramuka menjadi media untuk bagaimana mengoptimalisasi potensi diri dalam masyarakat. Melalui pramuka, satu bangsa akan kita kuatkan bersama," ujar Sutiaji.

Para peserta Raimuna ke-13 tersebut telah melalui proses seleksi administrasi, ketangkasan, keterampilan, serta kepramukaan.

Dalam kesempatan itu, Sutiaji menyerahkan secara simbolis bendera tunas kelapa serta penyematan tanda peserta kontingen kwarcab Kota Malang.(*)

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018