Surabaya (Antaranews Jatim) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo melantik 12 pasangan kepala daerah periode 2018-2023 di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo Surabaya, Senin.

“Saya Gubernur Jatim atas nama Presiden RI resmi melantik bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota,” ujar Pakde Karwo, sapaan akrabnya, di sela proses pelantikan.

Seluruh nama kepala daerah terpilih yang dilantik rinciannya, yakni Bupati/Wakil Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan Timbul Prihanjoko, Bupati/Wakil Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron dan Mohni, Bupati/Wakil Bupati Bojonegoro Anna Mu'awannah dan Budi Irawanto, serta Bupati/Wakil Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat dan Marhaen Djumadi.

Kemudian, Bupati/Wakil Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Raja'e, Bupati/Wakil Bupati Pasuruan M. Irsyad Yusuf dan KH A Mujib Imron, Bupati/Wakil Bupati Magetan Suprawoto dan Nanik Endang Rusminiarti, serta Bupati/Wakil Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro dan Hari Wuryanto.

Selain itu, Bupati/Wakil Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Indah Amperawati, Bupati/Wakil Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin dan Irwan Bachtiar Rachmat, Bupati/Wakil Bupati Jombang Mudjidah Wahab dan Sumrambah, serta Wali Kota/Wakil Wali Kota Malang Sutiaji dan Sofyan Edi Jarwoko.

Tepat pukul 09.00 WIB, Gubernur Jatim yang didampingi istrinya memasuki ruang pelantikan dan disambut Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar beserta sejumlah undangan.

Setelah menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”, 12 pasangan kepala daerah yang terpilih pada Pilkada 27 Juni 2018 tersebut mengambil tempat yang disediakan untuk selanjutnya mengucapkan sumpah jabatan yang dipimpin Gubernur.

Kemudian, seluruh kepala daerah menandatanganani berita acara pengangkatan sumpah jabatan dan pakta integritas, dilanjutkan pemasangan tanda pangkat dan tanda jabatan sembari iringan lagu “Padamu Negeri”, sekaligus penyerahan lampiran surat keputusan.

Sementara itu, proses pelantikan diawali dengan memberikan penghormatan oleh pasukan kehormatan mulai dari pintu gerbang hingga pintu masuk Grahadi ke pasangan kepala daerah beserta istri dan suami yang melintasi karpet merah.

Usai pelantikan yang diikuti sambutan Gubernur, dilanjutkan pelantikan dan serah terima jabatan 12 ketua TP PKK serta Dekranasda periode 2018-2023 oleh Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Jatim. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018