Madiun (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun menggelar lomba lari tingkat Provinsi Jawa Timur dengan tajuk "Charismatic 10K Run" dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) dan HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI.

Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto, Minggu mengatakan, selain digelar bertepatan dengan Haornas yang jatuh pada tanggal 9 September, kegiatan tersebut juga dalam rangka mencari ibit atlet lari yang mumpuni.

"Saya sangat berharap, Kota Madiun berkontribusi secara nasional. Khususnya dalam melahirkan atlet-atlet lari yang andal. Sehingga ke depan meraih prestasi nasional maupun internasional," ujar Wali Kota Sugeng dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut.

Menurutnya, tema Haornas tahun ini, yakni "Mari Berolahraga Untuk Membangun Indonesia" sangat tepat dengan kegiatan Charismatic 10K Run.

Untuk itu, ia ingin pemkot mampu menggelar kegatan serupa di tahun mendatang dengan cakupan lebih besar lagi. Tidak hanya di tingkat provinsi saja, melainkan, hingga tingkat nasional.

"Event serupa berikutnya harus bisa terselenggara lebih sempurna. Prinsipnya, kami akan melakukan penataan lebih baik lagi dari tahun ini," kata dia.

Sekretaris Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Madiun Hanto Margono mengatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 2.350 peserta, baik pelajar maupun umum, dari berbagai wilayah di Jawa Timur. Mulai dari daerah-daerah sekitar Kota Madiun, seperti Kabupaten Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, dan Pacitan.

"Juga daerah lain seperti, Lumajang, Malang, Banyuwangi, Jember, Probolinggo, Surabaya, Nganjuk, Kertosono, Trenggalek, dan Tulungangung," kata Hanto.

Ia menjelaskan, terdapat empat kategori dalam lomba lari tersebut. Yakni, umum putra, umum putri, pelajar putra, dan pelajar putri. Masing-masing kategori diambil enam pemenang.

Hadiah yang disiapkan juga cukup menarik. Tak heran, jumlah peserta yang ikut kegiatan tersebut membludak hingga ribuan orang.

"Untuk juara 1 kategori umum putra dan umum putri mendapat Rp10 juta. Selain itu, Rp5 juta untuk juara 1 kategori pelajar putra dan pelajar putri, masih banyak lagi," katanya.

Kegiatan tersebut mengambil rute, start di depan Balai Kota Madiun, lalu jalan HOS Cokroaminoto, Musi, Trunojoyo, Serayu, Taman Praja, Slamet Riyadi, Diponegoro, dr Soetomo, Kompol Sunaryo, dan finish kembali di Balikota Madiun Jalan Pahlawan.

Adapun, untuk juara 1 kategori pelajar putra diraih oleh Ricardus Bekey siswa dari SMK St Bonaventura Madiun dengan waktu tempuh 42 menit 15 detik dan juara 1 kategori pelajar putri diraih Marhaendrassiwi Palupi dari SMAN 2 Madiun dengan waktu tempuh 52 menit 56 detik.

Kemudian juara 1 kategori umum putra diraih Sutikno dari Lumajang dengan waktu tempuh 34 menit 1 detik dan kategori umum putri oleh Mila Karmila dari Probolinggo dengan waktu 41 menit 38 detik. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018