Surabaya (Antaranews Jatim) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kantor Cabang Surabaya Darmo terus meningkatkan pelayanan kepada para peserta supaya mereka puas, terutama pada pelaksanaan hari pelanggan nasional seperti sekarang ini.

Ferina Agustina Burhan selaku Kepala Bidang Pemasaran yang juga PPS Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo, Selasa mengatakan, dengan adanya hari pelanggan ini pihaknya ingin memberikan pelayanan maksimal kepada peserta.

"Hal ini sebagai bentuk apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada pelanggan dan juga memberikan pengalaman positif serta mengesankan sehingga menambah kepercayaan lebih semua kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan," katanya saat dikonfirmasi di Surabaya.

Bentuk peningkatan pelayanan itu diwujudkan dengan pemberian santunan Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) "on the spot" kepada para ahli waris dari tenaga kerja yang mengambil JHT. Selain itu, para pegawai juga mengenakan pakaian olah raga sebagai bentuk apresiasi pelaksanaan Asian Games 2018 yang telah berlangsung dj Jakarta dan Palembang.

"Ada empat program yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP)," katanya.

Ia mengatakan, sampai dengan Agustus 2018, kepesertaan perusahaan aktif BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Darmo adalah 3.907 perusahaan. Total tenaga kerja aktif untuk Penerima Upah (PU) sebanyak 127.659 tenaga kerja.

"Sedangkan ntuk tenaga kerja aktif yang Bukan Penerima Upah (BPU) sebanyak 7.368. tenaga kerja dan total proyek jasa konstruksi aktif 374 proyek," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Faridah Hanum selaku Kabid Bidang Pelayanan menambahkan, sampai dengan Agustus 2018 Cabang Surabaya Darmo telah membayarkan 9.954 klaim dengan total Rp105,27 Miliar. Pembayaran tersebut terdiri dari 8.044 klaim JHT sebanyak Rp95,06 Miliar, 100 klaim JKM sejumlah Rp2,59 Miliar, 1.356 klaim JKK total Rp6,90 Miliar dan 454 klaim JP sebesar Rp718,487 Juta.

"Kami berharap seluruh pekerja mendapatkan haknya sehingga kesejahteraan pekerja dapat benar-benar dirasakan," katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya selalu berinovasi dalam meningkatkan pelayanan dan hal ini terbukti dengan 54 fasilitas kesehatan yang sudah dikerjasamai dan total kepesertaan peserta JKK Return to Work (RTW) sebanyak 585 perusahaan.

"JKK RTW adalah suatu program yang bertujuan agar tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja (KK-PAK) dapat kembali bekerja. BPJS Ketenagakerjaan siap memberikan layanan prima untuk peserta demi kehidupan pekerja yang sejahtera," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018