Surabaya (Antaranews Jatim) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III siap memproduksi peti kemas mini atau "MiniCon", sebagai inovasi layanan logistik Tanah Air karena bentuknya yang praktis dan dapat dilipat, serta berukuran sepertiga lebih kecil.

"MiniCon merupakan inovasi Pelindo III sebagai solusi atas permasalahan nyata di lapangan pada industri layanan logistik di Tanah Air. Dan kami melalui anak usaha PT Pelindo Marine Service (PMS) akan melakukan sinergi BUMN dengan menggandeng Semen Indonesia Logistik (Silog) untuk membuatnya," kata Engineering and ICT Director, Pelindo III, Husein Latief di RS PHC Surabaya, dalam keterangan persnya di Surabaya, Rabu.

Husein mengatakan, ditunjuknya Silog karena sudah berpengalaman di bidang fabrikasi baja, dan ukuran tiga MiniCon dapat dimuat sekaligus ke dalam satu petikemas ukuran 20 TEUs.

"MiniCon itu nantinya dapat dibongkar, dan langsung diangkut ke truk. Kemudahan ini menghapus biaya pekerja dan handling di gudang lokal. Diharapkan, pada skenario terbaik proses distribusi bisa lebih cepat 2 sampai 3 hari, sehingga pengiriman door to door juga lebih cepat," katanya.

Dengan adanya solusi ini, kata dia, biaya logistik akan lebih efisien di daerah-daerah yang cocok mengimplementasikan MiniCon.

Direktur Keuangan Silog, Retno Sulistyowati mengapresiasi kepercayaan yang diberikan pada perusahaanya untuk memproduksi inovasi Pelindo III, dan ini merupakan kerja sama kedua di antara Pelindo III dan Silog. Sebelumnya sudah terjalin di bidang angkutan.

"Kami harap ada kerja sama selanjutnya, Silog siap di bidang forwarding, pelayaran, dan distribusi semen. Semoga sinergi BUMN ini bermanfaat bagi bangsa," katanya.(*)

 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018