Sidoarjo (Antaranews Jatim) - Bhayangkari Cabang Kota Sidoarjo membagikan 100 akta kelahiran gratis sebagai bentuk kepedulian terhadap hak sipil anak dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari Ke-66 tahun 2018.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji di Sidoarjo, Jumat mengatakan penyerahan akta kelahiran ini diberikan kepada anak-anak yang belum mempunyai akte kelahiran dari kalangan masyarakat umum di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

"Akta kelahiran ini sudah mulai diurus sejak beberapa bulan lalu. Ada sekitar 100 akta yang dibuat secara kolektif, kerja sama dengan Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo serta Polresta Sidoarjo dan Bhayangkari Cabang Kota Sidoarjo,. Akta Kelahiran sangat penting sebagai identitas seseorang," ujarnya.

Dengan adanya pembuatan akta gratis ini, kata dia, dapat membantu hak anak secara hukum terkait persoalan identitas karena akta juga bertujuan untuk mempermudah urusan-urusan yang memerlukan identitas, seperti sekolah hingga bekerja kelak.

"Upaya ini juga merupakan wujud kepedulian Pengurus Bhayangkari Cabang Kota Sidoarjo dengan persoalan yang ada, di mana masih terdapat anak-anak yang belum memiliki akte kelahiran," ujar Ketua Bhayangkari Cabang Kota Sidoarjo Ika Himawan Bayu Aji.

Ia menjelaskan, sebagaimana tertuang dalam Undang-undang No. 35 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, disebutkan Akta Kelahiran merupakan identitas seseorang setiap anak yang harus diberikan sejak kelahiran setiap anak.

Penyerahan akta kelahiran ini dihadiri Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sidoarjo Medy Yulianto, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji, Ketua Bhayangkari Cabang Kota Sidoarjo Ika Himawan Bayu Aji, dan seluruh Pengurus Bhayangkari Cabang Kota Sidoarjo.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018