Surabaya (Antaranews Jatim) - Sapi kurban sumbangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk peringatan Hari Raya Idul Adha di Jawa Timur dibeli dari seorang peternak asal Lamongan, Jawa Timur, kata pejabat di provinsi setempat.

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Wemmi Niamawati kepada wartawan di Surabaya, Senin, mengatakan sapi tersebut dibeli Presiden Jokowi dari peternak asal Solokuro, Kabupaten Lamongan.

"Sapi kurban sumbangan Presiden Jokowi itu berjenis Peranakan Ongole, atau biasa disebut jenis Sapi Jawa, hasil dari proses inseminasi buatan," ujarnya.

Wemmi menyebut sapi kurban seberat lebih dari 1 ton itu harganya Rp55 juta.

Dia menandaskan, sapi kurban sumbangan Gubernur Jawa Timur Soekarwo, atau akrab disapa Pakde Karwo, untuk Hari Raya Idul Adha tahun ini juga tak kalah besarnya.

"Kalau sapi kurban milik Pakde Karwo jenisnya limousin, seberat 900 kilogram," katanya.

Sapi kurban itu, lanjut dia, juga dibeli Pakde Karwo dari peternak asal Lamongan, tepatnya di Kecamatan Tikung.

"Tim kami dari Dinas Peternakan Jawa Timur beberapa waktu lalu sudah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap sapi kurban milik Presiden Jokowi dan Pakde Karwo," ujarnya.

Menurut Wemmi, sapi kurban sumbangan dari Presiden Jokowi dan Gubernur Soekarwo itu rencananya akan disembelih bersamaan usai salat Idul Adha di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, pada 22 Agustus. (*)

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018