Probolinggo (Antaranews Jatim) - Wali Kota Probolinggo Rukmini meluncurkan aplikasi "Si Jinggo" yang merupakan kepanjangan "Sistem Informasi Jaringan Good Government" dan peluncuran itu dihadiri oleh sejumlah organisasi perangkat daerah di Puri Manggala Bhakti Kantor Wali Kota Probolinggo, Jawa Timur, Senin.

"Si Jinggo merupakan program aplikasi berbasis laman yang fungsinya untuk menghimpun berbagai data berbasis kewilayahan dari kecamatan dan kelurahan di Kota Probolinggo," kata Kabag Pemerintahan Ina Lusilinawati di Kota Probolinggo.

Menurutnya aplikasi itu juga dapat digunakan sebagai data primer penyelenggaraan pemerintahan dan penilaian lomba kelurahan terbaik pada tahun 2018 dapat juga menggunakan aplikasi itu. 

"Hasilnya, berdasarkan data dan informasi yang telah dimasukkan ke dalam aplikasi 'Si Jinggo' dapat secara otomatis melakukan scoring (penilaian kuantitatif) terhadap masing-masing kelurahan di Probolinggo," tuturnya.

Ia menjelaskan pihak Bagian Pemerintahan bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan sipil dan seluruh kecamatan se- Kota Probolinggo untuk mengembangkan aplikasi "Si Jinggo" itu dengan mengoptimalkan fitur menu kependudukan. 

"Harapannya ke depan, bisa tercipta sinergi dengan laporan kependudukan yang setiap bulan dilakukan oleh kelurahan," katanya.

Usai meluncurkan aplikasi itu, Wali Kota Rukmini menyatakan dukungannya dan mengapresiasi inovasi dari Bagian Pemerintahan Setda Kota Probolinggo dengan meluncurkan aplikasi yang dapat meningkatkan "good government" di Kota Probolinggo.

"Saya ucapkan terima kasih komitmennya yang membangun sebuah program aplikasi 'Si Jinggo', sehingga dapat terciptanya sistem monitoring kelurahan se- Kota Probolinggo sebagai bahan evaluasi perkembangan kelurahan yang tepat dan valid," tuturnya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018