Situbondo (Antaranews Jatim) - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Situbondo, Ahmad Junaidi mengemukakan pameran bursa kerja efektif mengurangi pengangguran di Kota Santri itu.

"Oleh karena itu, kegiatan pameran bursa kerja (job fair) dengan menawarkan ribuan lowongan pekerjaan akan kembali dilaksanakan selama dua hari mulai 27 hingga 28 Agustus 2018," katanya kepada wartawan di Situbondo, Jawa Timur, Selasa.

Ia menjelaskan, "job fair" atau pameran bursa kerja akan digelar selama dua hari di Gedung Sebaguna Baluran Jalan PB Sudirman Kecamatan Kota Situbondo, dan Disnakertrans setempat akan menghadirkan sekitar 40 perusahaan yang menawarkan berbagai lowongan pekerjaan baik penempatan di tingkat lokal, regional dan nasional.

Dalam kegiatan pameran bursa kerja yang akan dilaksanakan pada akhir Agustus ini, katanya, Pemkab Situbondo hanya mempertemukan antara pencari kerja dengan pihak perusahaan.

Selain 40 perusahaan ada juga lowongan kerja melalui daring (dalam jaringan) yang disiapkan oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur.

"Pada pelaksanaan bursa kerja tahun lalu dapat menyerap sekitar 2000 tenaga kerja, oleh karena itu kami berharap para pencari kerja di Situbondo bisa memanfaatkan kegiatan bursa kerja tahun ini," paparnya.

Ahmad Junaidi menambahkan, dengan dilaksanakan bursa kerja setiap tahun pemerintah daerah setempat ingin menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya melalui kegiatan "job fair" dan pencari kerja dapat memilih lowongan pekerjaan sesuai keinginan.

"Para pencari kerja harus mulai mempersiapkan persyaratan utama, yaitu Kartu AK1 atau Kartu Kuning, ijazah terakhir serta KTP-e dan kartu keluarga, sedangkan kelengkapan administrasi lainnya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan," paparnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018