Surabaya (Antaranews Jatim) - Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) mendonasikan sejumlah karya mainan edukatif buatan mahasiswa kepada anak-anak korban gempa di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk pemulihan trauma bagi mereka.

Beberapa produk yang didonasikan di kegiatan "The 3rd Progressive and Fun Education International", di kampus setempat, Selasa antara lain Doratic, Media Scraap Book, Sibak, Smart Dofi, SI Made in Indonesia, Mart Box Education, Kapal Perkalian dan nelida.

Rektor UM Surabaya, Sukadiono mengatakan selain mengirimkan main edukasi secara langsung, dosen dan mahasiswa juga akan dikirim untuk memberikan pendampingan bagi korban.

"Kami ada donasi dari karyawan itu kami salurkan melalui Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu), kalau mainan akan kirim langsung," katanya.

Namun pengiriman tim UM Surabaya ini menunggu koordinasi dengan dosen UM Surabaya yang bergabung dalam Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC). Setidaknya kepastian keberangkatan akan ditentukan dalam tiga hari.

"Saat ini bantuan masih difokuskan pada kesehatan, nanti kami tunggu data kebutuhan pemulihan trauma bagaimana. Mungkin kami akan memberikan pendampingan setidaknya selama seminggu," tuturnya.

Dengan diberikannya donasi ini diharapkan bisa membantu pemulihan trauma pada anak-anak. Setidaknya ada 52 karya mainan edukasi yang akan dipilah agar sesuai dengan kondisi anak-anak di Lombok.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018