Probolinggo (Antaranews Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo, Jawa Timur, menetapkan pasangan Hadi Zainal Abidin - Muhammad Soufis Subri sebagai calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Probolinggo terpilih periode 2019-2024 dalam Pilkada Kota Probolinggo 2018.

"KPU menetapkan Hadi Zainal Abidin - Muhammad Soufis Subri sebagai calon terpilih dalam Pilkada Kota Probolinggo 2018. Hari ini adalah hari terakhir batasan KPU harus menggelar rapat pleno penetapan calon terpilih," kata Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri di Kota Probolinggo, Kamis.

Berdasarkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi Pilkada Kota Probolinggo tercatat pasangan calon nomor urut 1, Suwito – Fery Rahyuwono meraih 3.346 suara (3 persen); pasangan nomor urut 2, Fernanda Zulkarnain- Zulfikar Imawan meraih 46.854 suara (37 persen).

Kemudian pasangan nomor urut 3, Samsu Alam – Kulub Widyono meraih 14.944 suara (12 persen), dan pasangan nomor urut 4, Hadi Zainal Abidin - Muhammad Soufis Sobri meraih 60.354 suara (48 persen).

Ia mengapresiasi semua pihak yang telah membantu KPU dalam menyukseskan Pilkada Kota Probolinggo 2018, sehingga pesta demokrasi di kota setempat berjalan lancar dan tidak ada kendala yang signifikan.

"Saya mengapresiasi masyarakat yang telah menjaga kondusifitas Kota Probolinggo, terutama kepada Pemerintah Kota Probolinggo yang telah melaksanakan kewajibannya mendorong partisipasi masyarakat dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo 2018," tuturnya.

Berdasarkan data KPU Kota Probolinggo, lanjut dia, partisipasi masyarakat dalam Pilkada Kota Probolinggo sebesar 79 persen dan angka tersebut merupakan angka yang cukup tinggi.

Sementara Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Probolinggo Budiono Wirawan yang mewakili Wali Kota Probolinggo Rukmini berharap Kota Probolinggo bisa semakin sukses.

"Harapan saya, semoga Kota Probolinggo semakin sukses di masa yang akan datang. Kesejahteraan masyarakat dapat meningkat dan merata serta lebih kreatif dan inovatif," katanya.

Calon Wali Kota Probolinggo terpilih Hadi Zainal Abidin dalam kesempatan itu mengapresiasi kinerja aparat kepolisian yang menjaga pelaksanaan Pilkada Kota Probolinggo yang aman dan situasi kondusif. 

"Terima kasih kepada kepolisian yang telah bekerja dengan baik sehingga perjalanan pesta demokrasi tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat menodai pesta demokrasi yang ada di Kota Probolinggo." kata pria yang akrab dipanggil Habib Hadi itu.*

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018