Trenggalek (Antaranews Jatim) - Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak memanfaatkan keikutsertaannya dalam forum internasional, Bloomberg Havard City Leadership Initiative 2018 mewakili Indonesia dan Asia, untuk mengenalkan kerajinan batik ikat yang menjadi salah satu produk unggulan daerahnya, Trenggalek, Jawa Timur.

Dikutip dari laman resmi Humas Pemkab Trenggalek, Rabu, selembar batik warna alam khas Trenggalek diberikan Emil secara khusus kepada Michael Bloomberg, inisiator sekaligus penyelenggara forum diskusi kelompok kepala daerah lintasnegara dan lintasbenua dalam penyusunan platform kepemimpinan daerah tersebut.

"Ini salah satu produk unggulan daerah kami, (Kabupaten) Trenggalek. Cinderamata dari rakyat Indonesia untuk Mr Bloomberg," kata Emil melantari penyerahan batik tenun ikat itu.

Pemberian bingkisan itu membuat Michael Bloomberg tampak gembira.

Dengan senyum mengembang, pengusaha media pemilik chanel jaringan televisi bisnis internasional Bloomberg tersebut menerima pemberian Emil dan berfoto bersama dalam satu sesi pemotretan.

Tak hanya diberikan kepada Michael Bloomberg, Emil juga memberikan buah tangan kain batik kepada beberapa petinggi Bloomberg lain dan Harvard University.

"Kesempatan ini kami gunakan untuk memperkenalkan produk kerajinan khas Trenggalek ke khalayak Internasional," kata Emil.

Dikatakan, dalam setiap kegiatan pentingnya, Bupati Emil Dardak selalu memperkenalkan produk unggulan dari daerah yang dipimpinnya.

Lebih lanjut, co-Presiden UCLG ASPAC tersebut mengatakan bahwa ini bukan kali pertama batik Trenggalek go-International.

Sebelumnya, di berbagai kesempatan Emil selalu memperkenalkan batik secara langsung dan tidak langsung.

Bahkan pada 2016 lalu batik warna alam Trenggalek terpilih untuk diperagakan grand finalis dalam kontes "Miss World Colombia" pada acara peresmian "World Peace Gong".

"Ketika saya diberi kesempatan berpidato di PBB dalam rangkaian UN-Habit pada 2016 di Quito, Ekuador, sebuah kehormatan bagi saya bisa memperkenalkan batik ketika berpidato di hadapan banyak pemimpin dunia," kata Emil Dardak.

Selain itu, batik warna alam Trenggalek selama ini telah menembus gerai pusat perbelanjaan Ibu Kota seperti di Sarinah Thamrin dengan nama Batik Terang Galih sebagai bagian dari program communal branding.

Bupati Emil Dardak sendiri berada di New York dalam rangka Bloomberg Harvard City Leadership Initiative 2018 bersama dengan 39 kepala daerah berprestasi dari seluruh dunia.

Emil Dardak merupakan satu-satunya wakil Kepala Daerah yang diundang dari Asia.

Harvard dan Bloomberg sendiri sangat selektif memilih kepala daerah dari luar zona North America untuk mengikuti City Leadership Initiative 2018, karena mereka diharapkan akan memperkaya kualitas grup dan materi pembahasan dalam menyusun platform kepemimpinan daerah. (*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018