Situbondo (Antaranews Jatim) - Bupati Situbondo Dadang Wigiarto mengemukakan pelaksanaan lomba lari lintas alam "Situbondo International Trail Hill Run" pada 2018 menjadi ajang mempromosikan destinasi wisata di wilayahnya.

"Di Situbondo, ada sejumlah titik objek wisata, yang bagus dan dapat menjadi informasi wisata bagi peserta lomba lari 25 kilometer khususnya peserta dari luar daerah dan mancanegara," katanya kepada sejumlah wartawan usai kegiatan "Situbondo International Trail Hill Run" di Situbondo, Minggu.

Selain itu, lanjut dia, lomba lari, yang diikuti peserta atlet nasional dan internasional itu juga bertujuan menghibur masyarakat.

"Kami juga berharap kepada masyarakat agar terus memberikan dan menyebarluaskan informasi terkait tahun kunjungan wisata 2019, karena untuk menyukseskan tahun kunjungan wisata juga membutuhkan dukungan publik," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Situbondo Reno Widigdo menambahkan atlet lari internasional yang ikut lomba berasal dari Thailand, Malaysia, dan Kenya.

"Sedangkan untuk atlet nasional yang mengikuti lomba lari lintas alam 25 kilometer, ada juga dari Bandung, Kudus, NTB dan atlet lokal dari Kabupaten Situbondo, Jember, Bondowoso serta kabupaten lain yang ada di wilayah Provinsi Jawa Timur," paparnya.

Ia menjelaskan lomba lari lintas alam dengan mendatangkan atlet nasional dan internasional itu selain menyambut Tahun Kunjungan Wisata 2019, juga bertujuan menguji mental atlet Situbondo khususnya agar bisa bersaing dengan peserta internasional.

Lomba lari lintas alam yang diselenggarakan KONI Kabupaten Situbondo, yang diikuti ratusan peserta itu, disambut antusias masyarakat.

Atlet lari dari negara Kenya menguasai podium juara "Situbondo Internanional Trail Hill Run 2018".

Untuk kategori pria, tampil sebagai juara 1 Stephen Mugambi, juara 2 Carles Munyua dan juara 3 David Kibet.

Sedangkan atlet perempuan peraih juara 1 Rosemerry Mumo, juara 2 Margaret Wangui, dan juara 3 Jackline.

Semua atlet peraih juara tersebut berasal dari negara Kenya. (*)
Video Oleh Novi Husdinariyanto
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018