Bondowoso (Antaranews Jatim) - Tim sukses dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, saling klaim menang atas perolehan suara hitung cepat masing-masing pasangan calon.

"Dari hasil penghitungan cepat berdasarkan model C1 (yang diterima dari saksi-saksi di setiap TPS), kalau tidak keliru kemenangan pasangan calon kami satu koma sekian persen," kata H Tohari, Ketua Tim Sukses Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso Nomor Urut 2 Ahmad Dhafir-Hidayat saat dihubungi lewat telepon di Bondowoso, Jumat.

Kendati demikian, lanjut dia, pihaknya mengimbau kepada seluruh pendukung pasangan calon Dhafir-Hidayat agar tidak melakukan aktivitas seperti konvoi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Karena dua pasangan calon saling klaim menang menurut penghitungan cepat internal masing-masing tim sukses, katanya, pihaknya juga meminta pendukung pasangan calon nomor urut 2 itu agar bersama-sama mengawal penghitungan di tingkat PPK pada hari ini.

"Yang pertama kami mengimbau kepada pendukung untuk mengawal bersama-sama jangan sampai satu sura pasangan calon Dhafir-Hidayat hilang, dan tentunya kami meminta masyarakat (pendukung) menunggu hasil penghitungan di tingkat PPK hari ini dan tanggal 4 Juli 2018 di tingkat KPU kabupaten," tuturnya.

Sementara Andi Hermanto, Sekretaris Tim Sukses Pasangan Calon KH Salwa Arifin-Irwan Bachtiar mengatakan hasil input data berdasarkan C1 dan hasil foto kertas plano yang ada di 1.500 TPS kemenangan pasangan calon nomor urut 1 tersebut menang 52 persen (menang 4 persen).

"Prediksi tim sukses pasangan Salwa-Irwan Bachtiar tidak akan jauh beda, karena dari beberapa yang kami terima dari Desk Pilkada Kabupaten Bondowoso, Desk Pilkada Kesbangpol dan Desk Pilkada Kodim tidak jauh beda, yang artinya kemenangan Salwa-Irwan Bachhtiar tiga hingga empat persen," ucapnya.

Tim sukses Salwa-Irwan Bachtiar mengimbau kepada relawan dan seluruh pendukungnya agar tetap tenang dan menjaga kondusifitas hingga penghitungan resmi KPU kabupaten setempat.

Sementara Komisioner KPU Kabupaten Bondowoso, Lilik Ernawati mengatakan, terkait dengan saling klaim kemenangan tim sukses pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso 2018 agar menunggu hasil penghitungan di tingkat kecamatan (PPK) hari ini dan 4 Juli 2018 di tingkat KPU.

"Tinggal nunggu rekap saja, karena pada hari ini dan besok penghitungan di PPK dan hasilnya juga dipampang di kecamatan," katanya.

Data diperoleh, berdasarkan hitung cepat sementara KPU Kabupaten Bondowoso menggunakan aplikasi sistem informasi penghitungan (Situng) di laman resmi KPU RI (www.infopemilu.kpu.go.id) tercatat sebanyak 1.287 TPS yang masuk dari 1.500 TPS (85,80 persen masuk).

Pasangan calon nomor urut 1 Salwa Arifin-Irwan Bachtiar unggul 52,18 persen, sedangkan pasangan calon nomor urut 2 Ahmad Dhafir-Hidayat 48,82 persen. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018