Surabaya  (Antaranews Jatim) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mengirimkan bantuan berupa sembilan bahan pokok (Sembako) mbantu kepada korban bencana banjir bandang di empat dusun Desa Alasmalang, Kecamatan Singonjuruh, Kabupaten Banyuwangi.

 General Manager Pelindo III Cabang Tanjung Wangi, Nizar Fauzi di Surabaya, Selasa mengatakan pengiriman bantuan ini merupakan lanjutan dari bantuan sebelumnya, sebab pada Minggu (24/6) juga mengirimkan aneka bahan makanan pokok, baik dalam curah maupun dikemas dalam paket dengan total bantuanRp60,5 juta.

  "Kami juga bersinergi dengan Bank Mandiri untuk mendirikan Posko BUMN Peduli di Dapur Umum Dinas Sosial Kabupaten Banyuwangi," kata Nizar, dalam keterangan persnya.

  Ia mengatakan, bantuan dalam bentuk bahan pokok seperti beras, gula, minyak goreng dan kopi sangat cocok dengan kondisi pemulihan pascabencana banjir bandang, dan penetapan status tanggap darurat oleh Pemkab Banyuwangi.

  "Kami juga berkoordinasi dengan pemerintah setempat. Kemudian Pelindo III juga memberikan terpal dan selimut. Juga menambahkan dua kompor gas agar kegiatan memasak bisa sedikit lebih cepat," katanya.

 Sebelumnya, empat dusun di Desa Alas Malang diterjang banjir bandang yang membawa material lumpur, batu dan kayu pada Jumat (22/6).

  Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, sedikitinya 23 rumah mengalami rusak parah dari total 415 rumah yang terdampak banjir bandang di wilayah setempat, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian bencana alam tersebut. (*)


 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018