Jember (Antaranews Jatim) - Tiket pesawat Garuda Indonesia untuk rute Jember-Surabaya di Bandara Notohadinegoro Kabupaten Jember, Jawa Timur, terjual habis untuk arus balik Lebaran 2018 hingga 22 Juni 2018.
 
"Penumpang sudah jauh-jauh hari pesan tiket pesawat menuju ke Surabaya, sehingga berdasarkan data kami tercatat penumpang Garuda Indonesia hingga 22 Juni 2018 sudah penuh 100 persen," kata Manajer PT Garuda Indonesia Area Wilayah Jember Heru Joko Satria di Jember, Rabu.

Harga tiket pesawat Garuda Indonesia rute Jember-Surabaya tertinggi sebesar Rp602.000 dan terendah Rp315.000 karena sesuai dengan ketentuan ambang batas harga tiket pesawat jurusan Jember-Surabaya sebesar Rp600.000.

"Kami menggunakan batas bawah dan batas atas sesuai dengan ketentuan dalam penjualan tiket pesawat yang dapat dicek secara daring (online), sehingga harga tiket selama libur Lebaran tidak mengalami perubahan," tuturnya.

Sedangkan volume penumpang Garuda Indonesia untuk rute Surabaya-Jember kisaran 70-80 persen dari total 72 kursi yang ada, namun jumlah tersebut meningkat dibandingkan pada hari normal yang berkisar 60-70 persen.

Sementara Kepala Unit Pelaksana Teknis Bandara Notohadinegoro Jember Edy Purnomo mengatakan kepadatan penumpang untuk arus balik di bandara yang berada di Kecamatan Ajung tersebut sudah terpantau sejak Minggu (17/6).

"Animo masyarakat untuk menggunakan transportasi udara di Jember cukup tinggi, bahkan jumlah penumpang terus mengalami peningkatan seiring dengan masa angkutan Lebaran 2018 yang diprediksi meningkat," katanya.

Ia menjelaskan peningkatan penumpang mencapai 25 hingga 30 persen dibandingkan hari biasa karena okupansi penumpang setiap penerbangan pada hari biasa berkisar antara 60 hingga 70 persen, sedangkan selama arus mudik dan balik Lebaran 2018 bisa mencapai 80 hingga 100 persen.

"Bahkan untuk tiket pesawat Garuda Indonesia dan Wings Air untuk arus mudik dan arus balik pada tanggal tertentu sudah habis terjual, termasuk tiket arus balik beberapa hari ke depan," katanya.

Edy mengatakan perjalanan pesawat Garuda dan Wings Air berjalan lancar selama arus mudik dan balik Lebaran di Bandara Notohadinegoro Jember, sehingga masyarakat diharapkan dapat menikmati perjalanan yang nyaman untuk menuju ke Surabaya maupun sebaliknya ke Jember.

"Hari ini dua maskapai baik Garuda Indonesia maupun Wings Air terisi penuh 100 persen untuk rute Jember-Surabaya, sedangkan penumpang yang terbang dari Bandara Juanda Surabaya menuju Jember untuk Garuda sebanyak 45 orang dan Wings Air sebanyak 40 orang," ujarnya.*

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018