Situbondo (Antaranews Jatim) - Puncak arus balik di Pelabuhan Feri Jangkar, Kabupaten Situbondo, ke beberapa Kepulauan Madura dan sebalikanya diperkirakan akan terjadi pada H+4 Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah atau hari Rabu (20/6).

"Hari ini jumlah penumpang KMP Satya Kencana dari Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, dan turun di Pelabuhan Feri Jangkar Situbondo hanya sekitar 102 orang, sepeda motor 23 unit dan roda emoat empat unit," ujar Petugas UPT Pelabuhan Feri Jangkar, Kabupaten Situbondo, Tri Wahyono di Situbondo, Selasa sore.

Dan KMP Satya Kencana, katanya, pada Selasa sore hari ini juga kembali mengangkut penumpang dari Pelabuhan Feri Jangkar tujuan Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep, Madura, sebanyak 112 orang penumpang, 32 unit kendaraan roda dua dan tiga unit kendaraan roda empat.

"Arus balik memang mulai tampak mulai hari ini, namun puncaknya diperkirakan pada hari Rabu (20/6) besok, baik dari Jangkar ke Sapudi, Raas dan Kalianget maupun sebaliknya," paparnya.

Tri Wahyono menambahkan, dua kapal feri KMP Satya Kencana dan KMP Dharma Kartika yang beroperasi rute Jangkar-Raas, Sapudi dan Kalianget maupun sebaliknya baru beroperasi kembali pada Senin (18/6) kemarin karena sebelumnya tidak ada jadwal karena cuaca buruk.

"Pada hari Minggu (17/6) kemarin tidak ada jadwal keberangkatan kapal dari Situbondo ke Madura dan sebaliknya, karena cuaca buruk dan ombaknya mencapai dua hingga tiga meter," ucapnya.

Data diperoleh, pada Selasa (19/6) hari ini dijadwalkan KMP Dharma Kartika akan mengangkut penumpang (pemudik) dari Pulau Raas ke Jangkar dan diperkirakan akan tiba di Pelabuhan Feri Situbondo pada pukul 19.00 WIB. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018