Jember (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten Jember memberangkatkan 12 bus untuk program mudik gratis ke sejumlah daerah dalam rangka pelayanan masyarakat untuk Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah  yang merupakan program dari Dinas Perhubungan setempat.

"Hari ini ada dua bus mudik gratis yang diberangkatkan menuju Madura dengan jumlah pemudik sekitar 100 orang atau kursinya sudah terisi semua," kata Sekretaris Kabupaten Jember Mirfano usai memberangkatkan bus mudik gratis di halaman Kantor Pemkab Jember, Jawa Timur, Selasa.

Menurutnya program mudik gratis tersebut berasal dari dana APBD Jawa Timur dan APBD Jember dengan total sebanyak 12 bus yang disiapkan ke sejumlah daerah dengan rute Jember-Madura, Jember-Surabaya, Jember-Yogyakarta, Jember-Denpasar, dan Jakarta-Jember.

"Dengan 12 bus itu diharapkan sebanyak 600 orang bisa terangkut dalam program mudik gratis yang dilaksanakan Pemkab Jember bersama Pemprov Jatim, sehingga pemerintah hadir untuk menyediakan transportasi mudik bagi masyarakat," tuturnya.

Ia berharap Pemkab Jember bisa menyelenggarakan program mudik gratis ke sejumlah daerah lainnya, sehingga setiap tahun akan ada evaluasi dari program mudik dan balik gratis tersebut untuk memudahkan warga pulang ke kampung halamannya dan menekan angka kecelakaan.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Jember Isman Sutomo mengatakan pihaknya menyiapkan empat rute untuk mudik dan balik gratis Lebaran 2018, sehingga diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan program tersebut.

"Dari lima rute, rute Jember-Denpasar yang masih belum terpenuhi karena hingga kini masih ada 20 pendaftar, sedangkan kapasitas satu bus sebanyak 50 orang. Kami tunggu hingga 18 Juni untuk pendaftaran mudik gratis menuju Denpasar, Bali," katanya.

Ia berharap program mudik dan balik gratis tersebut dapat mengurangi jumlah kendaraan roda dua atau sepeda motor yang pulang ke kampung halamannya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Salah seorang pemudik Yeni mengaku senang bisa mengikuti program mudik gratis Pemkab Jember untuk menuju ke kampung halamannya di Kabupaten Sumenep, Madura.

"Alhamdulillah saya bisa mendapatkan tiket mudik gratis ke Madura dan ini pengalaman pertama kali saya mengikuti mudik gratis," katanya.

Saat pemberangkatan dua bus mudik gratis ke Madura di halaman Kantor Pemkab Jember, secara bersamaan datang tiga bus mudik gratis dari Jakarta-Jember dengan jumlah penumpang sebanyak 150 orang.(*)
Video Oleh Zumrotun Solichah
 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018