Sumenep (Antaranews-Jatim) - Jumlah penumpang bus antarkota dalam provinsi (AKDP) yang datang ke dan berangkat dari Terminal Tipe A Arya Wiraraja Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur, mulai meningkat.

"Peningkatan jumlah penumpang bus AKDP yang datang maupun berangkat dari Sumenep mulai terasa sejak `H-7` Lebaran atau Jumat (8/6)," kata petugas Terminal Arya Wiraraja Sumenep Syafiuddin di Sumenep, Senin.

Petugas Terminal Arya Wiraraja Sumenep mencatat jumlah penumpang dan bus yang beroperasi setiap hari sejak pukul 00.01 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

Model pencatatan itu membuat jumlah pasti penumpang dan bus yang datang maupun berangkat dari Terminal Arya Wiraraja Sumenep, baru akan diketahui keesokan harinya.

Sesuai data di Terminal Arya Wiraraja Sumenep, selama delapan hari sebelum "H-7" Lebaran (31/5-7/6), jumlah rata-rata penumpang yang datang setiap harinya sebanyak 389 orang dan berangkat sebanyak 553 dengan jumlah bus pada kisaran 58-75 unit.

Sementara sejak "H-7" hingga "H-5" Lebaran (8-10/6), jumlah rata-rata penumpang yang datang setiap harinya sebanyak 561 orang dan berangkat sebanyak 712 orang dengan jumlah bus pada kisaran 72-91 bus.

"Peningkatan jumlah penumpang itu seiring dengan bus yang beroperasi setiap harinya," kata Syafiuddin, menerangkan.

Ia menilai peningkatan jumlah bus yang beroperasi pada "H-7" hingga "H-5" Lebaran itu, karena operator memperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah penumpang dan selanjutnya armada yang dioperasikan ditambah. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018