Sumenep (Antaranews-Jatim) - Anggota Komisi V DPR RI Unais Ali Hisyam mengecek kondisi jembatan penyeberangan penumpang di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur.

"Sejumlah fasilitas di dermaga rute Kalianget-Sapudi-Raas-Jangkar (Situbondo) rusak parah. Kami akan menyampaikan kondisi tersebut kepada pihak terkait di Kementerian Perhubungan agar segera diperbaiki," ujarnya di Sumenep, Senin.

Unais berada di Pelabuhan Kalianget untuk memantau pemberangkatan kapal mudik gratis ke Pulau Kangean dalam kapasitasnya sebagai anggota Fraksi PKB DPR RI.

Setelah melepas pemberangkatan kapal mudik gratis ke Pulau Kangean itu, Unais didampingi sejumlah staf ahlinya mengecek fasilitas di salah satu dermaga di Pelabuhan Kalianget yang mengalami kerusakan.

Selain jembatan penyeberangan penumpang ke dan dari kapal, fasilitas yang mengalami kerusakan adalah jembatan bergerak bagi kendaraan bermotor yang akan dan dari kapal.

Sejak beberapa waktu lalu, jembatan penyeberangan penumpang itu sudah tidak digunakan, karena kondisinya miring dan membahayakan keselamatan penumpang.

"Kami ini baru saja menjabat sebagai anggota DPR RI dan ada laporan tentang fasilitas di dermaga rute Kalianget-Sapudi-Raas-Jangkar yang rusak. Kami ingin lihat langsung dan kondisinya memang parah," katanya, menerangkan.

Unais yang asli Sumenep itu menjabat anggota DPR RI hasil pergantian antar waktu (PAW) sejak 18 Mei 2018.

Ia menjelaskan, pihaknya akan secepatnya menyampaikan sekaligus meminta pihak terkait di Kementerian Perhubungan untuk merehabilitasi jembatan penyeberangan penumpang maupun jembatan bergerak untuk kendaraan bermotor tersebut.

"Kami ingin pihak terkait di Kementerian Perhubungan yang `turun tangan` untuk menyelesaikannya. Informasi yang kami terima, dermaga tersebut merupakan aset Kementerian Perhubungan yang dikelola Pemkab Sumenep," katanya, menambahkan. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018