Bondowoso (Antaranews Jatim) - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mendorong pertanian organik di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur dikembangkan menjadi desa wisata lewat program Seribu Desa Wisata (Seribu Dewi).

"Basis desa wisata juga bisa dikembangkan melalui konsep partisipasi masyarakat khususnya melalui pertanian organik," katanya saat berkunjung ke Desa Wisata Pertanian Organik, Hal ini dia jelaskan saat berkunjung ke Desa Lombok Kulon, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso, Kamis.

Ia mengemukakan, akan berkomitmen untuk mengembangkan basis wisata desa melalui program Seribu Desa Wisata atau "Seribu Dewi".

Karena setiap desa, katanya, memiliki banyak desa wisata yang sukses menyerap lapangan kerja serta mendatangkan wisatawan dalam dan luar negeri.

Gus Ipul mencontohkan, desa wisata di Malang dengan Kampung Glintung "Go Green" yang sukses menarik wisatawan dan kemudian ada Desa Bangsring, di Kabupaten Banyuwangi yang memiliki kampung wisata berbasis perikanan.

"Kami ingin menduplikasi desa wisata ke daerah lain, desa wisata menjadi solusi dari permasalahan di desa," ujar mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal itu.

Termasuk di Desa Lombok Kulon, lanjut dia, kedepan akan mendatangkan banyak wisatawan ke tempat tersebut dan sehingga selain bisa memberdayakan masyarakat juga sekaligus dapat membuat desa itu semakin berbenah.

Sementara Baidhowi, Ketua Kelompok Desa Wisata Organik Lombok Kulon, Kabupaten Bondowoso mengatakan bahwa seluruh hasil sumber daya alam di desa ini sama sekali tidak menggunakan bahan pestisida, mulai dari beras, sayur-mayur hingga buah-buahan.

Bagi para wisatawan yang datang ke desa ini, bisa memetik dan melihat proses olah pertanian, mulai membuat pupuk, memupuk, menanam, memanen hingga proses penjualan.

"Hasil alam di desa kami ini sama sekali tidak menggunakan produk kimia, jadi sangat bagus untuk kesehatan," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018