Situbondo (Antaranews Jatim) - Jajaran Polres dan Kodim 0823/ Situbondo bersama Tiga Pilar Kamtibmas, Senin (28/5) dini hari menggelar patrol sahur membangunkan warga dengan menggunakan alat musik kentongan bambu dan rabana.

"Kegiatan patrol sahur TNI/Polri dan tiga pilar ini dalam rangka menjaga situasi kamtibmas di bulan Ramadhan sekaligus tradisi membangunkan warga untuk makan sahur," ujar Kapolres Situbondo, AKBP Awan Hariono di sela patrol sahur di Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Senin dini hari.

Kapolres Awan menjelaskan, patrol sahur merupakan sarana komunikasi dan silaturahim tiga pilar kamtibmas, TNI / Polri dengan masyarakat dalam rangka mewujudkan kamtibmas yang aman dengan menggugah kesadaran masyarakat untuk aktif dalam kegiatan siskamling.

Ia berharap masyarakat bisa lebih aktif mau berpartisipasi menjaga kamtibmas melalui patroli sahur ataupun siskamling dan sehingga keamanan dapat terwujud dengan kerja sama seluruh elemen masyarakat.

Sementara Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Akhmad Juni Toa, menyambut baik kegiatan positif patrol sahur sebagai sarana memperkuat persatuan masyarakat dengan TNI/Polri untuk menjaga keamanan bersama sehingga bisa dapat deteksi dini paham radikal dan terorisme di tengah-tengah masyarakat.

Dalam pantauan, kegiatan patrol sahur dipimpin langsung Kapolres Situbondo bersama Dandim 0823 Situbondo dan diikuti pejabat utama Polres, Kapolsek jajaran rayon tengah, Forpimka Panarukan dan Kendit, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Petugas dari kepolisian dan Kodim 0823 serta tuga pilar setempat berjalan ke pemukiman padat penduduk sembari menabuh kentongan bambu dan juga alat musik rabana membangunkan warga untuk segera makan sahur. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018