Bojonegoro (Antaranews Jatim) - Petani di sejumlah kecamatan di Bojonegoro, Jawa Timur, mulai membuat persemaian  tembakau dengan memanfaatkan benih tembakau bersertifikasi yang diperoleh dari dinas pertanian setempat sebagai persiapan musim tanam tembakau sejak dua pekan terakhir.

Kepala Bidang Usaha Perkebunan Dinas Pertanian Bojonegoro Imam Wahyudi, di Bojonegoro, Jumat, menjelaskan petani yang sudah mulai membuat pembenihan antara lain, di sejumlah desa di Kecamatan Kedungadem, Sugihwaras dan Temayang.

"Petani di wilayah selatan sudah membuat pembenihan tembakau baik Virginia Voor Osgt (VO) juga Jawa bersertifikasi hasil penangkaran dinas pertanian," kata dia menjelaskan.

Ia menyebutkan dinas pertanian memiliki stok benih tembakau Virginia VO Bojonegoro 1 sebanyak 272,85 kilogram, Virginia VO K 326 sebanyak 16,5 kilogram, Jawa Grompol Jatim 19,5 kilogram dan Jawa Beligon 107,95 kilogram.

Dari benih tembakau itu yang sudah didistribusikan kepada petani untuk benih tembakau Virginia VO T-45 sebanyak 8 kilogram, Virginia VO K-326 sebanyak 1,25 kilogram, Jawa Beligon 700 gram dan Jawa Grompol 2 kilogram.

"Benih tembakau yang tersedia lebih dari cukup," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, para petani yang bermitra dengan PT Sadhana Arif Nusa juga mulai membuat pembenihan tembakau Virginia RAM.

Namun, ia mengaku belum tahu pasti luas tanaman yang menjadi target PT Sadhana Arif Nusa pada musim tanam tembakau tahun ini.

"Proyeksi luas tanaman tembakau Virginia VO, Jawa, juga Virginia RAM pada musim tanam tahun ini sekitar 8.900 hektare," kata dia menjelaskan.

Pihaknya pada 28 April sudah mengumpulkan pabrikan/pengusaha tembakau untuk mengetahui kebutuhan pembelian tembakau baik Virginia VO maupun Jawa pada tahun ini.

Dari hasil pertemuan itu PT Djarum Kudus melapor akan melakukan pembelian tembakau Virginia VO sebanyak 3.500 ton, CV Central Agro Mandiri di Kecamatan Balen, akan membeli tembakau hang (Virginia VO) 1.000 tong dan UD Sumber Mulyo Kecamatan Kapas, 1.000 ton.

"PT Gudang Garam dan PT Bentoel, juga pengusaha tembakau lainnya belum melapor jumlah pembelian tembakau tahun ini," ucapnya.

Ketua Kelompok Tani Desa Panjang, Kecamatan Kedungadem, Bojonegoro Suyono mengaku sudah membuat pembenihan tembakau Virginia RAM yang diperoleh dari PT Sadhana Arif Nusa sejak dua pekan lalu.

"Pembenihan tembakau yang saya buat bisa dimanfaatkan sekitar 20 hektare. Panjang bedengan 25 meter dengan lebar 1 meter," ucapnya menambahkan. (*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018