Jember (Antaranews Jatim) - Rektor Universitas Jember (Unej) Moh Hasan mengajak segenap sivitas akademika Kampus Tegalboto untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan mampu bersaing di arena pasar bebas yang disampaikan dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional di kampus setempat, Rabu.

"Dengan adanya SDM yang berkualitas, maka tidak ada lagi kekhawatiran lapangan pekerjaan di Indonesia akan direbut oleh tenaga kerja asing, bahkan jika perlu justru SDM Indonesia yang merambah pasar kerja internasional," katanya di Kampus Universitas Jember, Jawa Timur.

Ia mengajak segenap sivitas akademika Unej untuk menjadikan momentum Hari Pendidikan Nasional sebagai ajang evaluasi diri yakni apa yang sudah dilakukan dan apa yang masih harus diperbaiki untuk memberikan bekal kemampuan bagi segenap anak bangsa.

"Saya yakin, dengan bekal pendidikan khususnya pendidikan tinggi, maka sumber daya manusia Indonesia akan mampu menangani pekerjaan yang ada di Indonesia, sehingga tidak perlu takut direbut oleh pekerja asing," tuturnya.

Tema Hardiknas 2018 yang ditentukan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yakni Membumikan Pendidikan Tinggi, Meninggikan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia amat relevan dengan kondisi akhir-akhir ini.

Hasan mencontohkan langkah kampus Tegalboto guna mengantisipasi kebutuhan tenaga terdidik di berbagai bidang, khususnya di ranah Sains, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) di antaranya dengan membuka membuka program studi baru semisal Teknik Lingkungan, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Kimia, Teknik Konstruksi Perkapalan di Fakultas Teknik.

Program Studi Teknologi Informasi dan Informatika di Fakultas Ilmu Komputer, program Studi Peternakan, dan program studi lainnya.

"Saat ini izin untuk operasional Program Studi Ilmu Gizi sudah keluar, sementara untuk Program Studi Pertambangan dan Perminyakan masih dalam proses," ucap Rektor Unej dua periode itu.

Dalam upacara peringatan Hardiknas 2018 di kampus Unej, pemerintah menganugerahkan Satya Lencana Karya Satya kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Universitas Jember yang telah mengabdikan diri selama 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun.

Terdapat 37 PNS yang menerima Satya Lencana Karya Satya 30 tahun, 29 orang PNS penerima penghargaan 20 tahun, dan 80 PNS yang menerima Satya Lencana Karya Satya 10 tahun.

Selain itu, Rektor menyerahkan penghargaan bagi mahasiswa berprestasi Universitas Jember tahun 2018 yang diraih oleh Umroh Makhmudah dari Fakultas Ilmu Komputer dan penghargaan juga diberikan kepada para peneliti Kampus Tegalboto Unej atas pencapaiannya di berbagai bidang penelitian.

"Selamat bagi para penerima penghargaan, khusus bagi Umroh Makhmudah supaya mempersiapkan diri dengan baik karena bakal mewakili Universitas Jember di ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2018 tingkat nasional," ujarnya.(*)

 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018