Surabaya (Antaranews Jatim) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-23 di Surabaya pada 27-28 April 2018.

"Pelaksanaannya Jumat-Sabtu di kantor PWI Jatim Jalan Taman Apsari Surabaya," ujar Ketua PWI Jatim Akhmad Munir di Surabaya, Kamis.

UKW kali ini, kata dia, bertajuk "Menjadikan Wartawan Lebih Profesional, Kompeten dan Berintegritas", hasil kerja sama antara PWI Jatim dan Bank Mayapada.

Peserta yang akan mengikuti UKW sebanyak 56 orang yang berasal dari beberapa media cetak, elektronik, daring t nasional dan lokal.

Selain itu, peserta juga berasal dari perwakilan PWI Jatim yang ada di kabupaten/kota, terutama yang anggotanya belum banyak mengikuti UKW.

UKW, lanjut Ketua PWI Jatim, akan dibagi menjadi delapan kelas, yatu lima kelas untuk kelas muda, dua untuk kelas madya, dan satu untuk kelas utama. Setiap kelas berisi tujuh wartawan atau peserta.

Menurut dia, PWI Jatim terus menggelar UKW sebagai wujud nyata dari komitmen lembaga yang dipimpinnya untuk meningkatkan kompetensi, kapasitas, profesionalitas serta moralitas wartawan.

Peningkatan kompetensi juga dinilai sangat penting seiring dengan semakin beratnya tugas dan tantangan wartawan pada era keterbukaan, perkembangan teknologi dan informasi, serta membanjirnya hoaks lewat sosial.

"Tanpa kompetensi, kapasitas, profesionalitas serta moralitas yang tangguh, tentu akan sulit bagi wartawan bisa menjaga marwah profesi yang luhur dan mulia ini tetap menjadi pilar keempat demokrasi sesuai dengan tuntutan zaman," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Jatim Ainur Rohim menambahkan, digelarnya program UKW oleh PWI Jatim diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan wartawan.

"Ini sangat penting, karena UKW itu merupakan standar baku kompetensi teknis seorang wartawan. Hal terpenting lainnya, wartawan akan mengetahui kode etik profesi dan harus mematuhi dalam menjalankan tugas," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018