Situbondo (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, bekerja sama dengan Pengakalan Utama TNI AL V (Lantamal V) Surabaya melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo, Jumat.

"Kegiatan bersih-bersih pantai ini bertujuan memberikan sebuah proses pembelajaran kepada masyarakat bahwa untuk mengembangkan objek wisata adalah kebersihan menjadi modal yang utama," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Situbondo Kholil di sela kegiatan bersih-bersih pantai Wisata Bahari Pasir Putih, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo.

Oleh karena itu, lanjut dia, dalam kegiatan bersih-bersih pantai wisata yang menjadi andalan Kabupaten Situbondo ini melibatkan banyak komponen, terutama masyarakat yang ada di sekitar tujuan Wisata Bahari Pasir Putih.

Sementara komponen yang dilibatkan dalam kegiatan bersih-bersih panatai ini, katanya, terdiri dari Dinas Ligkungan Hidup, komunitas pecinta lingkungan, pramuka dan masyarakat serta para pedagang dan pemilik sewa perahu wisata yang ada di kawasan Wisata Bahari Pasir Putih.

"Gerakan bersih-bersih pantai wisata ini dimulai dari hotel Sidomuncul 2 atau ujung barat hingga ujung utara objek wisata. Dan ratusan peserta gerakan bersih pantai ini tidak hanya dilakukan di sepanjang pantai, namun di tepi Jalur Pantura juga kita bersihkan," katanya.

Informasinya, kegiatan bersih-bersih ini merupakan rangkaian kegiatan Upacara dan Acara Dive Kartini 2018 Pramuka Bahari Lantamal V di objek Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo.

Puncak kegiatan memeperingati Hari Kartini pada 21 April 2018 akan dilaksanakan pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut yang diikuti peserta dari pramuka serta personel Lantamal V Surabaya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018