Sidoarj (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur siap untuk menjadikan situs yang ada di Kedung Bocok, Tatik, Sidoarjo sebagai destinasi wisata baru yang ada di kabupaten setempat asalkan sudah mendapatkan izin dari instansi terkait lainnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Djoko Supriyadi, Senin mengatakan, pihaknya siap untuk menjadikan situs tersebut sebagai destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sidoarjo ini.

"Asalkan sudah mendapatkan izin dari Balai Pelestarian Cagar Budaya seperti halnya situs lainnya di Sidoarjo yakni Candi Pari, Candi Pamotan yang tentunya akan terus djkembangkan," katanya di Sidoarjo.

Akan tetapi, kalau saat ini masih dalam proses pengembangan penelitian, itu sudah menjadi kewenangan mereka, terserah mereka seperti apa.

"Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sendiri saat ini tengah berkonsentrasi untuk melakukan pembangunan destinasi wisata di kawasan Sidoarjo bagian Selatan," ucapnya.

Di lokasi tersebut, kata dia, terdapat beberapa tujuan wisata yang bisa dikembangkan seperti Lumpur Sidoarjo, Wisata Belanja Tanggulangin Sidoarjo, dan juga wisata edukasi yang ada di kawasan Tlocor, Jabon Sidoarjo.

"Untuk di kawasan Tlocor merupakan wisata khusus peminat saja, yang pasti wisata tersebut dikhususkan bagi mereka yang berminat untuk menggali informasi lebih jauh tentang bakau, karena lokasinya memang berada di muara Sungai Porong," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya sudah mengenalkan potensi wisata tersebut salah satunya dengan mempromosikan wisata melalui perlombaan Anugerah Wisata Indonesia beberapa waktu yang lalu.

"Kami juga menggarap desentralisasi wisata itu, dengan memanfaatkan lahan bekas Pasar Porong supaya wisatawan bisa dengan mudah mendapatkan informasi lengkap terkait dengan wisata tersebut," ujarnya.

Ia menjelaskan, dari bekas Pasar Porong itu nantinya akan dibangun beberapa kebutuhan seperti toilet umum, tempat penjualan souvenir, tempat makan, dan juga informasi wisata di Sidoarjo.

"Kami optimistis jika dilakukan pengembangan wisata ini, akan banyak menampung jumlah wisatawan di Sidoarjo yang selama ini masih belum tergarap secara maksimal," ujarnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018