Situbondo (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, jalin kerja sama percepatan pembangunan dengan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, khususnya di bidang pariwisata.

"Kerja sama ini menjadi tambahan tenaga yang sangat berarti bagi pemerintah kabupaten, tidak terkecuali dalam pengembangan bidang pariwisata, dan ini menjadi tenaga baru untuk mempersiapkan tahun kunjungan wisata 2019," kata Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto di Situbondo, Selasa.

Kerja sama Pemkab Situbondo dengan Universitas Airlangga, lanjut dia, nantinya akan dilanjutkan dengan penandatanganan "MoU" antara OPD (organisasi perangkat daerah) dengan fakultas-fakultas yang ada di Unair, seperti Dinas Pariwisata kerja sama dengan Fakultas Pariwisata dan yang lainnya.

Di semua aspek, katanya, pihak Unair akan memberikan pelatihan (training) SDM yang ada, dan di bidang pariwisata misalnya, akan dilaksanakan pelatihan penyediaan kuliner.

"Dengan kekuatan pantai, akan dibranding menjadi kuliner laut yang memiliki keunggulan tersendiri dan kuliner laut yang menjadi referensi Indonesia," paparnya.

Bupati Dadang menambahkan, kerja sama tersebut bukan hanya di bidang pariwisata, akan tetapi seperti bidang kesehatan, pendidikan, dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dan laninnya.

"Kami yakin dengan kehadiran akademisi dari Unair, pembangunan pariwisata di Kabupaten Situbondo akan lebih cepat, dan semakin banyak kelembagaan yang mendorong, tentu akan lebih bagus. Selain itu, Unair memiliki SDM yang mencukupi yang dapat membantu persoalan kekurangan SDM di Situbondo," tuturnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018