Sumenep (Antaranews-Jatim) - Bupati Sumenep A Busyro Karim mengusulkan lembaga keuangan yang menjadi mitra kerja Kementerian Sosial (Kemensos) dalam penyaluran bantuan sosial memiliki jangkauan dan jaringan formal berupa perwakilan hingga ke wilayah kepulauan.

"Sebagian penerima manfaat bantuan sosial yang merupakan program Kemensos itu memang berada di wilayah kepulauan," ujarnya di Sumenep, Jawa Timur, Minggu.

Busyro menjelaskan, bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) 2017 bagi keluarga penerima manfaat di Kecamatan Masalembu, salah satu kecamatan di Sumenep yang berada di kepulauan, hingga sekarang belum disalurkan.

Penyebabnya, personel lembaga keuangan yang menjadi mitra kerja Kemensos sebagai penyalur program PKH 2017 itu belum bisa ke Masalembu, akibat terkendala cuaca laut buruk.

Pada 2017, kapal yang akan mengangkut personel lembaga keuangan mitra kerja Kemensos ke Masalembu, harus "balik kanan" atau kembali ke Kalianget, karena cuaca laut buruk.

Dalam konteks itu, pemerintah daerah berharap mitra kerja Kemensos dalam penyaluran bantuan sosial adalah lembaga keuangan yang memiliki jaringan atau kantor cabang hingga ke wilayah kepulauan Sumenep.

"Usulan tersebut murni untuk mempermudah penyaluran bantuan sosial kepada penerima manfaat yang berada di wilayah kepulauan Sumenep," kata Busyro, menerangkan.

Sumenep yang terdiri atas 27 kecamatan dan 9 di antaranya berada di wilayah kepulauan itu memiliki 126 pulau dan 48 di antaranya pulau berpenghuni.

"Kondisi cuaca dalam beberapa kali kesempatan memang menjadi kendala dalam percepatan realisasi sebuah program. Sekali lagi, kondisi tersebut diharapkan menjadi pertimbangan bagi Kemensos," ujarnya.

Harapan tersebut sempat disampaikan Busyro ketika menyambut kedatangan Menteri Sosial Idrus Marham di Sumenep dalam rangka menyerahkan sekaligus menyaksikan penyerahan bantuan sosial kepada para penerima manfaat di daerah tersebut. (*)

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018