Surabaya (Antara) - Kementerian Perindustrian mencatat baru 44 industri kecil menengah (IKM) yang memanfaatkan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) yang bisa memperluas akses pasar dan meningkatkan kontribusi ekspor nasional.
Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih dalam FGD Pengoptimalan Pemanfaatan KITE IKM di Surabaya, Jawa Timur, Selasa, mengatakan, pelaku usaha bisa menghemat biaya produksi hingga 25 persen dari biaya keseluruhan jika memanfaatkan program KITE untuk IKM ini.
"Fasilitas KITE ini sebenarnya memudahkan IKM untuk mengimpor bahan baku yang nantinya diolah menjadi produk ekspor, namun fasilitas ini belum banyak dimanfaatkan," kata Gati.
Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, baru 44 IKM yang telah memanfaatkan fasilitas KITE IKM, terdiri dari sektor Industri Barang Kerajinan, Furniture, Pakaian Jadi dan Industri Kosmetik dan Bahan Kosmetik mendominasi pemanfaatan tersebut.
IKM yang sudah memanfaatkan fasilitas KITE IKM tersebut didominasi dari wilayah Denpasar sebanyak 13 IKM, Solo 12 IKM, Yogyakarta 7 IKM, Semarang 5 IKM, dan sisanya dari Jakarta, Cirebon, Purwokerto, Tasikmalaya, Madiun, Tegal, dan Mataram masing-masing 1 IKM.
Gati menjelaskan fasilitas KITE untuk IKM ini merupakan fasilitas yang diluncurkan pada 2017 untuk menurunkan biaya produksi, meningkatkan pendapatan IKM sehingga produktivitas dan daya saing IKM meningkat.
IKM yang terdaftar dalam program ini akan mendapat pembebasan bea masuk dan PPN serta PPN Barang Mewah atas impor barang atau bahan baku yang diperlukan untuk produksi, namun bahan baku tersebut harus diolah, dirakit atau dipasangkan dengan barang lain dengan tujuan ekspor.
Program pemberian fasilitas KITE merupakan salah satu langkah pemerintah dalam rangka mendorong pertumbuhan industri. Saat ini, Kementerian Perindustrian mematok pertumbuhan sektor industri tahun 2018 sebesar 5,67 persen.
Berdasarkan hasil implementasi tahun 2017, Kemenperin mengevaluasi salah satu perusahaan yang memanfaatkan KITE IKM lnducomp Dewata yang merupakan IKM Komponen Elektronik yang memiliki negara tujuan ekspor Hungaria, Jerman, dan Swiss dengan negara asal impor China.
Setelah memanfaatkan fasilitas KITE sejak 2017, lnducomp Dewata telah menghemat biaya pembebasan PPn/PPnBM sekitar Rp400 juta. Tidak hanya itu, pendapatannya pun meningkat dari Rp8 miliar pada 2016 menjadi Rp10 Miliar pada 2017 dengan status penjualan seluruh produknya diekspor.
Berdasarkan data Kemenperin, pertumbuhan sektor industri pengolahan Non Migas Kumulatif tahun 2017 berada pada angka 4,84 persen.
Pertumbuhan tertinggi ada pada industri makanan dan minuman 9,23 persen, disusul dengan industri logam dasar 5,87 persen, industri mesin dan perlengkapan 5,55 persen, dan industri kimia, farmasi dan obat tradisional 4,53 persen.
Kontribusi ekspor nonmigas telah menyumbang 90,67 persen dari total ekspor tahun 2017, dengan partisipasi sektor industri sebesar 74,10 persen. Ekspor industri pengolahan mengalami kenaikan yang signifikan pada tahun 2016 ke 2017 sebesar 13,14 persen, dari 110,5 miliar dolar AS menjadi 125 miliar dolar AS. (*)

Pewarta: Mentari Dwi

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018