Surabaya (Antaranews Jatim) - Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Jawa Timur menyatakan dukungannya ke pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno di Pemilihan Kepala Daerah 2018.

"Kami juga tawaduk atas perintah kiai sepuh yang memberikan dukungan kepada Gus Ipul-Puti," ujar Ketua DPW FKDT Jatim Satuham Akbar melalui siaran pers yang diterima Antara di Surabaya, Sabtu.

Pernyataan dukungan dilakukan melalui deklarasi pada acara Rakerwil ke-2 FKDT Jatim di Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Pasuruan.

Menurut dia, sudah sewajarnya FKDT Jatim mendukung Gus Ipul, sebab selain sebagai pembina juga sudah dianggap sebagai bagian dari keluarga.

"Bahkan, jumhur ulama telah menyatakan dukungan kepada Gus Ipul, jadi tidak ada alasan bagi kami untuk memberikan dukungan kepada calon lain," ucapnya.

Ia mengimbau kepada seluruh anggota dan pengurus FKDT Jatim untuk memberikan dukungan kepada pasangan Gus Ipul-Puti saat pemilihan pada 27 Juni 2018.

Beberapa alasan lainnya, kata dia, Gus Ipul selama menjabat Wakil Gubernur Jatim dua periode, sudah terbukti memiliki program yang mendukung keberlangsungan madrasah Diniyah (madin) di Jatim.

Tak itu saja, Gus Ipul juga bersedia menyetujui kontrak politik dengan FKDT untuk memperdayakan madin di Jatim, antara lain dengan meningkatkan bantuan operasional daerah (bosda) untuk madin.

"Jadi, kalau bosda sebelumnya diberikan baru enam bulan, nanti meningkat menjadi dua belas bulan. Termasuk, pembuatan Perda tentang Madin," katanya.

Pilkada Jatim 2018 untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2019-2024 diikuti dua pasangan calon, yakni Khofifah-Emil di nomor urut satu, dan Gus Ipul-Puti di nomor urut dua.

Pasangan nomor satu merupakan calon dari koalisi Partai Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Hanura dan NasDem, sedangkan pasangan nomor dua adalah calon dari gabungan PKB, PDI Perjuangan, PKS serta Gerindra. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018