Jember (Antaranews Jatim) - Anggota Kodim 0824 Jember melalui Koramil Kalisat bersama masyarakat melakukan karya bakti untuk membersihkan sisa material longsor di Desa Kalisat, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis.

"Kami melakukan karya bakti dengan dibantu masyarakat dan mahasiswa yang sedang kuliah kerja nyata membersihkan sisa mterial longsor yang menimbun akses jalan desa setempat," kata Komandan Koramil 0824/03 Kalisat Kapten Mujoli di Desa/Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember.

Menurutnya hujan deras yang mengguyur Kecamatan Kalisat menyebabkan bencana longsor di wilayah setempat hingga menyebabkan akses jalan desa terputus pada Selasa (23/1) malam karena seluruh badan jalan tertimbun longsor, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan.

"Dalam karya bakti itu, anggota Koramil yang dilibatkan sebanyak 11 orang, mahasiswa Universitas Jember yang sedang melaksanakan KKN sebanyak 15 orang dan masyarakat yang terlibat sebanyak 57 orang," katanya.

Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan terima kasih kepada jajarannya yang sudah melakukan upaya tanggap darurat dengan melaksanakan karya bakti TNI tersebut sebagai wujud kepedulian TNI terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

"Saya memang telah memerintahkan kepada jajaran untuk selalu waspada terhadap kondisi wilayahnya masing-masing seiring dengan tingginya curah hujan di Jember, sehingga kalau ada kejadian bencana dapat dilakukan langkah-langkah secara cepat dan tepat dengan mengoordinasikan kepada pihak terkait termasuk BPBD Jember," katanya.

Kabupaten Jember dilanda bencana tanah longsor di lima titik dan bencana banjir di 10 titik yang tersebar di beberapa kecamatan di wilayah setempat pada Selasa (23/1) malam hingga Rabu (24/1) dini hari.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana tanah longsor tersebut, namun sejumlah rumah warga rusak akibat terdampak longsor dan akses jalan desa dan jalur perbatasan Kabupaten Jember-Banyuwangi tertimbun longsor.

Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Jember juga menerjunkan sejumlah alat berat untuk membersihkan material longsor yang menerjang Desa Ajung dan Desa Kalisat, Kecamatan Kalisat pada Rabu (24/1).(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018