Surabaya (Antaranews Jatim) - PT Pertamina Lubricants mengajak sejumlah pemilik bengkel yang tergabung dalam Himpunan Bengkel Binaan Yayasan Dana Bakti Astra (HBBA) Jawa Timur untuk peduli terhadap limbah bengkel, agar bengkel terjaga keamanan dan kenyamanannya.

Sales Region Manager V PT Pertamina Lubricants, Eko Ricky Susanto di Surabaya, Rabu mengatakan upaya itu dilakukan dengan mengajak perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup Jawa Timur untuk memberikan paparan mengenai pengelolahan limbah bengkel.

"Upaya ini kami lakukan agar anggota HBBA lebih peduli terhadap standar bengkel yang ramah lingkungan dan upaya-upaya apa yang dapat dilakukan agar bengkel terjaga keamanan dan kenyamanannya," katanya.

Ia menjelaskan, selain memberikan pelatihan, PT Pertamina Lubricants sebagai anak perusahaan PT Pertamina (Persero) juga melakukan kerja sama dengan HBBDA untuk memberikan kontribusi terhadap perkembangan sektor perbengkelan roda empat (4W).

"Dalam kerja sama itu, HBBA berkomitmen untuk menjadikan Pelumas Pertamina Fastron sebagai Pelumas utama untuk para pelanggan bengkel," katanya.

Ia menjelaskan, produk Pertamina Fastron merupakan pelumas untuk segmen kendaraan roda empat yang memiliki berbagai varian, seperti Fastron Platinum Racing, Fastron Gold, Fastron Techno dan Fastron Diesel.

"Dengan kerja sama ini, kami memberikan dukungan terhadap perkembangan dan infrastruktur bengkel sesuai dengan kinerja masing-masing bengkel dalam penjualan Fastron," katanya.

Eko mengatakan, infrastruktur bengkel memberikan peran penting dalam meningkatkan pelayanan bengkel dan berkontribusi terhadap kepuasan konsumen secara keseluruhan.

"Selain menawarkan produk pelumas dalam kerja sama ini, kami juga memberikan pelatihan dalam membangun kepercayaan konsumen, tujuannya untuk membangun loyalitas pelanggan," katanya.

Sementara Ketua HBBA Jawa Timur, Pinujie mengatakan, saat ini HBBA Jawa Timur memiliki 77 anggota (bengkel), dan diharapkan akan bertambah menjadi 100 di tahun 2018.

Ia berharap, kerja sama dengan bisa bersama-sama memajukan dan membangun industri perbengkelan di Indonesia, karena kali pertama dilakukan oleh PT Pertamina Lubricants dan HBBA.*

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018