Surabaya (Antaranews Jatim) - Bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno berkomitmen untuk memperkuat napak tilas kebangsaan dan ke-Islaman melalui ziarah ke makam ulama-ulama, termasuk ziarah wali.

"Saya bersyukur bisa diberi kesempatan untuk menggali keteladanan para tokoh kita, para wali dan ulama serta guru bangsa," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Selasa.

Cucu Presiden RI pertama, Soekarno, tersebut mengaku intens melakukan blusukan untuk bersilaturahim dan berkunjung dengan harapan merajut simbol-simbol kebangsaan lewat aktivitasnya.

"Saya memang mengemban amanah untuk ikut merajut ke-Indonesia-an yang hari-hari ini menghadapi tantangan yang tidak mudah. Penyatuan komitmen adalah kunci utama bagi tegaknya negara ini," ucapnya.

Puti menceritakan aktivitasnya berziarah ke Makam Sunan Ampel di Surabaya dan disambut Ketua Takmir Masjid Ampel Mohammad Azmi Nawawi bersama sejumlah pengurus masjid.

Putri Guntur Soekarno Putra itu pada Senin (22/1) berziarah ke Makam Sunan Ampel, setelah sebelumnya ke makam Syaichonan Cholil Bangkalan, makam KH Hasyim Asyari dan makam Gus Dur di Jombang.

Dosen tamu Kokushikan University Jepang itu menjelaskan, kunjungannya ke kawasan religi Ampel untuk menghormati peran para wali dalam penyebaran agama Islam di Surabaya, Pulau Jawa, bahkan Nusantara.

Pendamping Saifullah Yusuf (Gus Ipul) pada Pilkada Jatim 2018 itu mengaku masih mengagendakan sejumlah agenda untuk berziarah dan bersilaturahim ke para wali, ulama, sesepuh, dan tokoh bangsa.

"Mari memperkuat rajutan pemikiran dan pergerakan beliau-beliau dan menjadikannya sebagai semangat agar Jatim lebih makmur, lebih kuat `seduluran` (persaudaran) dengan siapa saja," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018